Kesehatan

Jaga Kesehatan Buah Hati di Kala Pandemi Covid-19

Minggu, 13 Maret 2022 - 04:41 | 79.89k
Dokter Spesialis Anak, Putu Diah Pratiwi Sp.A. (FOTO: Dok. Diah)
Dokter Spesialis Anak, Putu Diah Pratiwi Sp.A. (FOTO: Dok. Diah)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Melindungi kesehatan buah hati di kala pandemi tentu menjadi hal mutlak bagi para orangtua. Namun, tak sedikit orangtua yang justru salah kaprah menerapkan gaya hidup sehat dan penerapan protokol kesehatan di keluarganya.

“Usia anak dua tahun, tetap dijaga kesehatannya tanpa masker melalui lingkungan rumah yang sehat, ventilasi yang baik dan asupan nutrisi yang disesuaikan usia, termasuk asupan air susu ibu,” kata Dokter Spesialis Anak, Putu Diah Pratiwi Sp.A dalam program edukasi bertajuk Lindungi Buah Hati di Kala Pandemi yang digelar RS Siloam Yogyakarta dalam rangka Hari Perempuan Internasional.

Lebih jauh dr. Putu menjelaskan, untuk anak usia tiga tahun istirahat bermasker dapat diterapkan ketika anak tidur dan berada di lingkungan yang bersih. Para ibu dan orang tua dapat menemukan cara terbaik, interaktif dan menyenangkan untuk mengedukasi anak tentang protokol kesehatan dalam masa pandemi virus corona ini.

Menurutnya, perilaku orang tua serta orang di lingkungan rumah akan menjadi contoh pertama bagi sang buah hati dalam pembentukan perilaku.

"Kita harus senantiasa memberikan contoh yang baik dan benar terkait protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah, yang dapat menjadi pondasi pembentukan perilaku hidup sehat anak," ungkap dr. Putu.

Namun hal itu berbeda ketika anak memasuki usia sekolah. Untuk skema pembelajaran tatap muka, perhatikan protokol kesehatan 5M, membawakan bekal sebagai antisipasi untuk tidak jajan di luar dan membawakan masker pengganti.

Sementara itu untuk pihak sekolah, dilandasi dengan komunikasi dengan dan antar orang tua, hal penting yang juga harus diperhatikan adalah ventilasi, sirkulasi udara, dan durasi interaksi.

"Yang paling penting melengkapi dengan reguler testing di sekolah dan melengkapinya dengan imunisasi," imbuh dokter yang akrab disapa dr. Tiwi ini.

Dalam menjaga kesehatan buah hati, menurutnya imunisasi ini penting untuk anak yang telah memasuki usia enam tahun. Di RS Siloam orangtua dapat melakukan imunisasi tanpa harus masuk ke rumah sakit karena ada program drive thru yang dapat dilakukan di dalam mobil. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES