Peristiwa Daerah

Gubernur Malut Bawa Air dan Tanah dari Empat Kesultanan ke IKN Nusantara

Sabtu, 12 Maret 2022 - 10:15 | 117.52k
Gubernur KH. Abdul Gani Kasuba bawa air dan tanah empat kesultanan ke IKN. (Foto: Wahyudi Yahya/TIMES Indonesia)
Gubernur KH. Abdul Gani Kasuba bawa air dan tanah empat kesultanan ke IKN. (Foto: Wahyudi Yahya/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SOFIFI – Gubernur 34 Provinsi di Indonesia akan berkumpul di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Sepaku, Kalimantan Timur, termasuk Gubernur Malut (Maluku Utara) KH Abdul Gani Kasuba (AGK).

Pertemuan kepala daerah dengan Presiden RI Joko Widodo ini rencananya dilaksanakan pada 13-14 Maret 2022. 

Menariknya, seluruh Gubernur diminta untuk membawa satu liter air dan dua kilogram tanah dari masing-masing daerah, serta menggunakan pakaian adat.  Tak hanya itu, tanah dan air juga harus dinarasikan dan dibacakan oleh Gubernur saat dituangkan ke dalam kendi yang diberi nama Kendi Nusantara.

Gubernur AGK sendiri telah menyiapkan air dan tanah dari empat kesultanan di Maluku Utara atau yang dikenal kerajaan Moloku Kie Raha, yakni Jailolo, Ternate, Tidore, dan Bacan.

Kepala Biro Administrasi Pimpinan (Adpim), Rahwan K Suamba ketika dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. Bahkan, narasi dari masing-masing air dan tanah juga telah dirampungkan.

"Kami sudah menyiapkan apa yang menjadi kebutuhan Gubernur saat mengikuti rangkaian kegiatan di IKN, termasuk membawa air dan tanah serta narasinya," ungkap Rahwan melalui sambungan telepon seluler, Sabtu (12/3/2022).

Gubernur Malut dikabarkan meninggalkan Maluku Utara siang ini melalui bandar udara Sultan Babullah Ternate untuk menghadiri acara di IKN tersebut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES