Ekonomi

E-Tax Persada Milik Bapenda Kota Malang Ditarget Terpasang 20 Titik Per Minggu

Jumat, 11 Maret 2022 - 18:43 | 55.73k
Kepala Bapenda Kota Malang, Handi Priyanto saat membuka kegiatan peresmian aplikasi Persada beberapa waktu lalu. (FOTO: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)
Kepala Bapenda Kota Malang, Handi Priyanto saat membuka kegiatan peresmian aplikasi Persada beberapa waktu lalu. (FOTO: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Sistem E-Tax dengan nama Aplikasi Online Restoran dan Subjek Pajak Daerah Lainnya (e-Tax Persada) milik Bapenda Kota Malang ditargetkan bisa terpasang di seluruh restoran atau warung di Kota Malang.

Usai diresmikan pada akhir Februari 2022 lalu, kini Bapenda menargetkan setiap minggu bisa memasang sistem E-Tax Persada di 20 titik lokasi.

Kepala Bapenda Kota Malang, Handi Priyanto mengatakan, hingga kini sudah ada 391 dari total 2.600 lokasi yang terpasang E-Tax dengan berbagai macam keluaran hasil kolaborasi dengan Bank Jatim hingga milik Bapenda Kota Malang sendiri.

"Saya targetkan ke kawan-kawan seminggu 20 pemasangan. Kalau Persada sekarang sudah 53 yang terpasang," ujar Handi, Jumat (11/3/2022).

Disisi lain, Handi menegaskan pemasangan Persada ini diprioritaskan untuk warung atau restoran yang masih menggunakan sistem manual. "Jadi kayak bakso, warung yang belum bersistem elektronik kita pasang Persada," ungkapnya.

Perlu diketahui, Aplikasi berbasis android ini, sejatinya sudah mulai menyasar kepada hotel, resto, hiburan dan sektor parkir sejak akhir tahun 2021 lalu.

Namun, untuk Persada ini hadir dengan keunggulan system Point Of Sales (POS). Didalamnya, bakal menginformasikan segala transaksi penjualan berbasis web dan android bagi WP (Wajib Pajak) serta menu data stok barang hingga laporan penjualan.

"Itu tinggal download di handphone (Hp) atau laptopnya. Nanti bisa menjadi sistem pembayaran dia," katanya.

Dengan itu, Handi berharap nantinya aplikasi terbaru keluaran Bapenda Kota Malang ini benar-benar bisa dimaksimalkan.

Selain mempermudah pemantauan, e-Tax Persada bisa juga membantu mendongkrak pendapatan daerah di Kota Malang, khususnya di sektor restoran, hotel hingga hiburan. "Semaksimal mungkin, karena semakin banyak yang terpasang, semakin banyak kita bisa memastikan berapa pajak restoran," pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES