Glutera News

4 Alasan Wanita Harus Latihan Balance Bosu Ball

Jumat, 11 Maret 2022 - 11:23 | 176.87k
Image: Glutera for Times Indonesia
Image: Glutera for Times Indonesia

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kaum wanita menjelang 40 tahun atau diatas 40 tahun, mulai menurun keseimbangan tubuhnya. Tak heran, banyak yang mengalami mudah jatuh, pingsan, dan penyakit osteoporosis. Latihan balance bosu ball dapat membantu menjaga keseimbangan.

Setiap manusia memiliki organ sensor yang terletak di telinga bagian dalam, yang bertugas untuk menjaga keseimbangan tubuh. Saat akan terjatuh misalnya, sistem saraf pada bagian itu akan bekerjasama dengan otot, untuk menyeimbangkan tubuh dan mencegah tubuh terjatuh. 

Karena itu, memiliki keseimbangan tubuh yang baik merupakan hal penting yang diperlukan setiap orang.

Keseimbangan tubuh yang baik dibutuhkan setiap orang untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Lalu bagaimana dengan orang yang mudah jatuh karena tidak seimbang? 

Ya, mungkin Anda salah satu orang yang sering jatuh atau ‘oleng’ ketika berjalan atau saat melakukan aktivitas lainnya. Hati-hati, keseimbangan tubuh yang kurang baik bisa jadi tanda Anda mengalami beberapa kondisi medis yang tidak Anda sadari. 

Olahraga untukmelatih keseimbangan tubuh 

Meski terlihat sepele dan mudah, tubuh Anda nyatanya sangat membutuhkan keseimbangan untuk melakukan berbagai macam kegiatan bahkan hanya untuk berjalan kaki, Anda perlu keseimbangan.

Menurut Robbie Ann Darby, personal trainer bersertifikasi American Council on Exercise dari New York, seperti dikutip dari SELF, menjaga keseimbangan tubuh penting untuk meningkatkan kemampuan gerakan secara keseluruhan. Dampaknya, hal ini akan membuat tubuh tetap bugar selama melakukan aktivitas sehari-hari.

Balance bosu ball 

Balance trainer atau yang biasa dikenal juga dengan bosu ball memang mudah kamu temui di gym. Alat olahraga berbentuk setengah bola dengan bagian datar di bagian lainnya ini sering digunakan sebagai alat latihan otot juga. Anda bisa mendapatkan banyak pola latihan dengan menggunakan alat ini. Selain itu, benda ini juga cukup banyak manfaatnya.

Tidak heran kalau Anda juga direkomendasikan untuk memiliki satu bosu ball di rumah untuk latihan sendiri. 

Nah, berikut beberapa alasan Anda harus latihan dengan bosu ball di rumah!

1. Melatih keseimbangan tubuh

Sebagian besar olahraga fisik butuh kekuatan dan kecepatan. Sebut saja sepak bola, bola basket, lari, bela diri, dan badminton. Tidak heran kalau pola latihan yang dijalani untuk olahraga tersebut pun tidak jauh-jauh dari kekuatan dan kecepatan. Sudah pasti berlari dan angkat beban masuk ke dalam menu latihan.

Akan tetapi, banyak atlet lupa dengan keseimbangan tubuhnya. Beberapa atlet profesional di beberapa negara maju biasanya malah memulai latihan dengan menu keseimbangan tubuh sebelum menghajarnya dengan berbagai latihan berat lainnya. Hal ini dibutuhkan untuk membuat tubuh mampu bertahan untuk tetap berdiri dalam pertandingan sesungguhnya nanti.

Nah, latihan dengan bosu ball kebanyakan tentang keseimbangan. Misalnya, berdiri dengan satu kaki di atas bosu ball biasanya jadi menu latihan awal yang bisa Anda lakukan dengan menggunakan alat ini. 

Anda juga bisa mengombinasikannya dengan latihan push up atau squats di atas bosu ball.
Kalau Anda memang bukan orang yang punya keseimbangan yang bagus, ada baiknya mulai latihan dengan memanfaatkan bosu ball ini. Siapa tahu Anda bisa lebih andal lagi di olahraga-olahraga lain yang biasa Anda mainkan.

2. Melatih fleksibilitas

Bosu ball juga bisa merenggangkan otot-otot Anda sebelum memulai latihan yang berat, loh. Untuk menunjang kelenturan tubuh, Anda bisa memanfaatkan bosu ball ini sebagai alat bantu untuk stretching. Anda bisa memulai perenggangan mulai dari bagian tangan dan dilanjutkan ke sisi tubuh kanan dan kiri.

Beberapa penggiat yoga juga menggunakan alat olahraga yang satu ini untuk membantu mereka melakukan gerakan-gerakan yang sulit. Nah, Anda pun bisa memanfaatkannya untuk kelenturan apalagi buat Anda yang lebih sering melatih kekuatan otot saja.

3. Melatih kekuatan tulang dan otot

Olahraga tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan jantung atau menguatkan otot saja. Olahraga juga merupakan salah satu cara menguatkan tulang paling ampuh. 

Rajin berolahraga sejak usia remaja akan menjadi investasi untuk kepadatan tulang di usia tua. Bosu ball sangat direkomdasikan untuk kaum wanita dalam melatih tulang dan otot.

4. Pilihan latihan yang beragam

Banyak orang bilang, bosu ball hanya bisa digunakan untuk diinjak dan Anda berlatih keseimbangan di atasnya. Padahal, ternyata masih banyak latihan lain yang bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan bosu ball ini. 

Dengan kata lain, Anda pun melakukan latihan penguat otot di saat yang bersamaan berlatih keseimbangan tubuh.

Anda bisa memulai dengan melakukan plank di atas bosu ball, bahkan kamu bisa memanfaatkan dua sisinya dan mendapatkan hasil yang berbeda. Selain itu, Anda juga bisa melakukan push up, burpees, dan squats di atas bosu ball tersebut. 

Tidak lupa juga gerakan mountain climber sambil tangan Anda menjaga keseimbangan juga patut dicoba, loh. (*)

Be everlasting with glutera

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES