Cek Fakta Fakta atau Hoaks

CEK FAKTA: Video Jokowi Bersama Para Menteri Berkumpul Tanpa Pakai Masker

Sabtu, 05 Maret 2022 - 16:20 | 87.69k
Sebuah unggahan narasi dan video yang memperlihatkan Presiden RI Jokowi bersama para menteri sedang berkumpul tanpa memakai masker.
Sebuah unggahan narasi dan video yang memperlihatkan Presiden RI Jokowi bersama para menteri sedang berkumpul tanpa memakai masker.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Video yang memperlihatkan Presiden RI Joko Widodo bersama para menteri sedang berkumpul tanpa memakai masker beredar di media sosial. 

Video berdurasi 31 detik tersebut diunggah oleh akun Facebook Lingga Ratuliena pada 18 Februari 2022. Pengguna akun tersebut mengklaim bahwa Jokowi dan para menteri tidak memakai masker dalam suatu acara. 

Berikut narasi lengkapnya: 

Ada yang tahu ini acara apa ya ??
kenapa mereka Tak ada satu orang pun dari Mereka yg pakai Masker. 
Mereka lagi berbahagia dan merasa senang disaat RakyatNya sedang menjerit dan menderita. 
Inikah yang namanya pemimpin akhir kehancuran bangsa ini??? 
Para pengkhianat tanpa merasa bersalah dan berdosa. 

cek-fakta-jokowi-tak-pakai-masker-2.jpgSumber: Facebook (https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=153756293718722&id=100072530557412)

CEK FAKTA

Berdasarkan hasil penelusuran Cek Fakta TIMES Indonesia, klaim Jokowi bersama para menteri berkumpul tanpa memakai masker, salah. 

Hasil penelusuran kami, potongan video yang dibagikan akun Facebook Lingga Ratuliena tersebut bersumber dari video yang diunggah kanal Youtube Teropong Time Indonesia pada 1 November 2019.

Dalam keterangan di kanal tersebut, kegiatan dalam video tersebut adalah Rapat Terbatas "Penyampaian Program dan Kegiatan di Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan" di Kantor Presiden, Jakarta pada Kamis, 31 Oktober 2019. Jika menilik waktu peristiwa, kegiatan terjadi sebelum pandemi covid-19. 

cek-fakta-jokowi-tak-pakai-masker-3.jpgSumber: Presiden Gelar Rapat Terbatas di Bidang Politik, Hukum dan Keamanan | Youtube 

Potongan video yang beredar diambil pada detik ke-20 hingga detik ke-46. Mengutip kompas.com, nampak Jokowi dan Ma’ruf Amin masuk ruangan lalu bercengkerama bersama sejumlah menteri terletak pada detik ke-20. Kemudian detik ke-47 tampak Jokowi duduk di kursinya seperti penggalan video yang beredar.

Rapat tersebut diadakan sebelum kasus pertama Covid-19 dilaporkan, termasuk sebelum kasus pertama terjadi di Indonesia. 

Untuk diketahui, Organisasi Kesehatan Internasional (WHO) mencatat bahwa kasus Covid-19, pertama kali dilaporkan pada 31 Desember 2019. Sementara kasus pertama Covid-19 di Indonesia diumumkan pada 2 Maret 2020.

cek-fakta-jokowi-tak-pakai-masker-4.jpgSumber: [HOAKS] Video Jokowi dan Para Menteri Tidak Pakai Masker Saat Rapat | Kompas

Dilansir dari laman Sekretariat Kabinet, rapat terbatas pada 31 Oktober 2019 tersebut membahas mengenai politik, hukum, dan keamanan. 

cek-fakta-jokowi-tak-pakai-masker-5.jpgSumber: Rapat Terbatas mengenai Penyampaian Program dan Kegiatan di Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, 31 Oktober 2019, di Kantor Presiden, Provinsi DKI Jakarta | Setkab RI

KESIMPULAN

Hasil penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, klaim bahwa Presiden Jokowi bersama para menteri berkumpul tanpa memakai masker, salah. Peristiwa dalam video tersebut terjadi pada 31 Oktober 2019, sebelum pandemi covid-19 melanda dunia, bahkan Indonesia.

Menurut misinformasi/disinformasi yang dikategorikan oleh FirstDraft, informasi tersebut termasuk dalam kategori misleading content (konten menyesatkan). 

Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.

Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.

---

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerja sama dengan 24 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES