Otomotif

Volvo Mulai Uji Coba Pengisian Mobil Listrik Tanpa Kabel

Jumat, 04 Maret 2022 - 17:00 | 78.32k
Pabrikan mobil asal Swedia, Volvo, mulai menguji perangkat pengecasan mobil listrik nirkabel (wireless). (Foto: Volvo)
Pabrikan mobil asal Swedia, Volvo, mulai menguji perangkat pengecasan mobil listrik nirkabel (wireless). (Foto: Volvo)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pabrikan mobil asal Swedia, Volvo, mulai menguji perangkat pengecasan mobil listrik nirkabel (wireless). Uji coba ini dilakukan pada 3 Maret 2022, di Kota Gotehenburg, Swedia dengan seri mobil listrik Volvo, X40 Recharge. 

Selain melakukan uji coba mobil listrik secara nirkabel, tes ini juga ditujukan untuk mengetahui ketangguhan mobil listrik yang digunakan sebagai Taxi. Mobil Volvo ini akan digunakan selama lebih dari 12 jam sehari dan melaju 100.000 km per tahun. 

"Ini menjadi uji ketahanan pertama mobil-mobil Volvo yang sepenuhnya elektrik dalam skenario penggunaan komersial," tulis Volvo pada rilis resminya.

Volvo bekerjasama dengan Momentum Dynamic untuk merancang perangkat pengecasan mobil listrik nirkabelnya. Alat ini ditanamkan di jalan dan mulai mengisi daya mobil listik secara otomatis ketika mobil diparkir di atas bantalan pengisi dayanya.

Ia menyampaikan mobil dapat mengisi daya secara sempurna, Volvo menggunakan sistem kamera 360 derajat untuk memudahkan mobil berada di posisi yang tepat.

Daya pengisian nirkabel ini tercatat lebih dari 40 kW dan membuat kecepatan pengisian sekitar empat kali lipat lebih cepat daripada pengisian daya AC 11 kW yang menggunakan kabel. Selain itu, pengecasan mobil secara nirkabel ini juga diklaim memakan waktu setara dengan pengisian daya cepat DC 50 kW berkabel.

"Gothenburg Green City Zone memungkinkan kami mencoba teknologi baru yang menarik di lingkungan nyata dan mengevaluasinya dari waktu ke waktu untuk pengenalan yang lebih luas di masa depan yang potensial," kata Mats Moberg Head of Research and Development Volvo Cars.

Pengujian teknologi pengisian daya baru bersama dengan mitra terpilih ini dilakukan Volvo untuk mengevaluasi opsi pengisian alternatif untuk mobil listrik masa depan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES