Pendidikan

Prihatin Fenomena Kenakalan Remaja di Yogyakarta, Magister Psikologi UAD Gelar FGD

Rabu, 02 Maret 2022 - 22:26 | 79.82k
Dekan Fakultas Psikologi UAD Dra Elli Nur Hayati M.PH, PhD, Psikolog saat membuka FGD bertema Mencari Formula Mengatasi Problematika Kenakalan Remaja “Klitih” di Kampus 2 B UAD Jalan Pramuka, Umbulharjo, Yogyakarta, Rabu (2/3/2022).
Dekan Fakultas Psikologi UAD Dra Elli Nur Hayati M.PH, PhD, Psikolog saat membuka FGD bertema Mencari Formula Mengatasi Problematika Kenakalan Remaja “Klitih” di Kampus 2 B UAD Jalan Pramuka, Umbulharjo, Yogyakarta, Rabu (2/3/2022).

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Fenomena kenakalan anak remaja di Yogyakarta khususnya kenakalan jalanan klitih mendapat perhatian serius dari Universitas Ahmad Dahlan (UAD). Sebagai bentuk kepedulian atas problematika tersebut, Magister Psikologi UAD bersama Psycho Education Centre atau PEC menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD), Rabu (2/3/2022).

FGD bertema Mencari Formula Mengatasi Problematika Kenakalan Remaja “Klitih” tersebut menghadirkan sejumlah nara sumber atau peserta dari berbagai instansi pemerintah dan swasta yang dibagi dua kelompok. Peserta FGD ada dari Direktorat Binmas Polda DIY, Balai Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Remaja (BPRSR) Yogyakarta, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) DIY, KPAI Kota Yogyakarta, Asosiasi Psikologi Forensik Pusat, Psikolog dari Psycho Education Centre, dan Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah.

Selanjutnya, ada dari Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Pemkab Sleman dan Dinas Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Pemkot Yogyakarta.

Kemudian, dari Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Pemda DIY; Dinas Pendidikan Pemkab Sleman; Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Pemkab Bantul; Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Pemkot Yogyakarta; Himpunan Psikolog (HIMPSI) DIY; Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Magister Psikologi (HMPS MAPSI) UAD; Keluarga Alumni Universitas Ahmad Dahlan (Kamada); dan Pusat Konsultasi, Bantuan Hukum (PKBH) Fakultas Hukum UAD; dan para dosen Magister Psikologi UAD.

“Kami berharap FGD ini menghasilkan formula, rekomendasi yang nantinya dapat diterapkan dalam pencegahan dan penanganan fenomena kenakalan remaja di Yogyakarta. Sebagai perguruan tinggi, Program Studi Psikologi UAD melalui Program Pengabdian Masyarakat dan Penelitian siap bersinergi dengan lembaga lain dalam rangka mengatasi kenakalan anak remaja,” kata Dekan Fakultas Psikologi UAD Dra Elli Nur Hayati M.PH, PhD, Psikolog saat membuka FGD yang diselenggarakan di Kampus 2 B UAD Jalan Pramuka, Umbulharjo, Yogyakarta, Rabu (2/3/2022).

Sebelum FGD yang diinisiasi Magister Psikologi UAD dan Psycho Education Centre dimulai, Kasubdit Bhabinkamtibmas Dit Binmas Polda DIY, AKBP Sinungwati SH M.IP memaparkan data tentang peristiwa tindak kriminal jalanan klitih yang melibatkan anak usia 14-18 tahun dan berbagai kegiatan yang telah dilakukan jajaran Polda DIY dalam rangka mencegah kenakalan remaja di Yogyakarta. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Amar Riyadi
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES