Gaya Hidup

5 Cara Tepat Memilih Sofa untuk Ruang Tamu

Rabu, 02 Maret 2022 - 17:37 | 127.48k
Foto: Ikea
Foto: Ikea

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ruang tamu menjadi tempat bagi keluarga untuk melepas lelah dan mengobrol santai di sofa setelah penat seharian. Sofa juga berfungsi sebagai benda yang mempercantik rumah kamu terutama ruang tamu.

Oleh karena itu memilih sofa ruang tamu  agar dapat digunakan dalam jangka panjang. Harga sofa juga cenderung lebih mahal dibandingkan kursi tamu biasanya, jadi kamu harus sangat teliti dalam memilih sofa.

Nah, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memilih sofa yang tepat untuk menambah kenyamanan dan estetika rumah:

1.    Lihat Rangka Sofa

Salah satu cara memilih sofa adalah dengan melihat rangka sofa yang akan kamu beli. Rangka sofa umumnya menggunakan material kayu, material kayu sendiri digunakan karena mampu bertahan lama dan kokoh mampu menahan beban pada sofa nantinya.

Akan tetapi kamu perlu melihat kontusi rangka sofa ini. Kamu harus menghindari rangka kayu yang disatukan dengan menggunakan lem serta baut untuk menyatukan dua kayu menjadi satu, karena cara ini membuat kayu menjadi cepat patah, karena hasilnya membuat sofa kamu menjadi cepat rusak.

2.    Lihat Material Sofa

Sofa terbaik biasanya terbuat dari bahan kulit. Namun sofa dengan material kulit ini dibandrol dengan harga yang sangat mahal dibandingkan material sofa lainnya.

Tapi, kamu tidak perlu khawatir jika budget kamu terbatas. Karena ada material sofa yang cukup baik dan sangat nyaman serta sejuk ketika digunakan yaitu fabric.

Bahan fabric dijual dengan harga yang jauh lebih murah dibanding sofa bermaterial kulit. Jadi, kamu bisa memilih sofa bed material fabric dibandingkan material lainnya.

Selain material luar yang digunakan sofa, kamu juga perlu memperhatikan material bagian dalam sofa yaitu busa. Kamu harus mampu memperhatikan apakah busa tersebut berkualitas baik, sehingga tidak cepat kempes ketika digunakan.

3.    Pilih Sofa Sesuai Ruangan

Cara terbaik memilih sofa minimalis yaitu dengan memilih sofa yang ukurannya proporsional dengan ruangan  yang akan disimpan sofa tersebut. Jadi sebelumnya kamu harus mengukur ruangan tersebut dan menerka-nerka ukuran sofa mana yang pas untuk ruangan yang kamu maksud.

Apabila kamu bingung, kamu bisa berkonsultasi dengan pegawai di tempat sofa yang kamu kunjungi. Maka, kamu akan mendapatkan saran dari mereka, tentunya saran tersebut bisa kamu sesuaikan lagi dengan selera kamu.

4.    Pilih Sofa yang Nyaman Digunakan

Sofa berkualitas adalah sofa yang digunakan sangat nyaman dan dapat melepas segala lelah dan penat kamu. Tips memilih sofa lainnya yaitu dengan memastikan sofa tersebut nyaman ketika digunakan, kamu dapat mencobanya secara langsung.

Kamu harus pastikan ketika duduk di sofa yang ingin kamu beli telapak kaki kamu menyentuh lantai, serta bentuk sofa dapat menambah seluruh tubuh kamu. Apabila kamu sudah memastikan hal-hal tersebut dapat dipastikan sofa tersebut nyaman digunakan oleh mu.

5.    Pilih Model Sofa Sesuai Tema

Berikutnya kamu dapat memilih model sofa sesuai dengan tema ruangan kamu. Karena sofa memilik banyak model seperti model dua tempat duduk, sofa beda yang multi fungsi untuk dijadikan kasur, dan corner sofa.

Jangan sampai model sofa yang kamu pilih tidak sesuai dengan tema ruangan yang dipakai karena akan membuat ruangan tersebut terasa tidak rapi, sehingga muat kamu menjadi tidak nyaman.

Untuk mendapatkan sofa terbaik kamu dapat membelinya di website atau aplikasi resmi maupun kamu dapat mendapatkannya di toko IKEA terdekat. Karena  IKEA menyediakan banyak jenis sofa dan ukuran yang dapat kamu pilih sesuai dengan selera dan kebutuhan kamu.

Kualitas dari IKEA juga sudah terjamin, terbukti dengan banyaknya store resminya di kota-kota besar yang mudah kamu temui.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES