Olahraga

Menpora RI Ingin Kampus Jadi Laboratorium Olahraga Nasional

Selasa, 01 Maret 2022 - 08:24 | 34.02k
Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali saat memberikan keterangan pers kepada awak media (foto: Dokumen/Kemenpora)
Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali saat memberikan keterangan pers kepada awak media (foto: Dokumen/Kemenpora)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora RI), Zainudin Amali, mememinta seluruh perguruan tinggi di Indonesia menjadi laboratorium khusus pengkaderan atlet dala berbagai bidang olahraga. 

Hal ini disampaikan Menpora saat meresmikan lapangan sepak bola sintetis Universitas Negeri Semarang. Dia memuji kampus tersebut karena peduli terhadap mahasiswa yang suka olahraga. Menpora mengatakan bahwa apa yang sudah dilakukan oleh kampus Unnes ini sejalan dengan yang telah dia canangkan. Artinya, Unnes berhasil mempelopori program itu.

"Kita sudah berada di satu perguruan tinggi terkemuka Universitas Negeri Semarang, dan sebagaimana harapan pak rektor bahwa perguruan tinggi harus menjadi laboratorium lahirnya prestasi olah raga, itu sejalan dengan Desain Besar Olahraga Nasional," kata Menpora RI, Selasa (1/3/2022).

Menpora memaparkan gambaran besar program olahraga di kampus. Dia menyebut pengembangan olahraga nasional ke depan akan selalu disandingkan dengan universitas.

"Nah itu bukan hanya desainnya pak rektor, tapi implementasi yang kami wujudkan nyata. Sentra-sentra yang ada di dalam Desain Besar Olahraga Nasional langsung kami tempelkan dengan perguruan tinggi. Karena ke depan sport science menjadi panduan utama, baik hulunya (berupa) kebugaran maupun hilirnya (melahirkan) prestasi," imbuhnya.

Oleh karena itu, dia mendukung segala bentuk pengembangan olahraga di tingkat kampus. Dia juga mendorong para mahasiswa yang suka olahraga agar fokus terhadap pengembangan skil dan karir mereka masing-masing.

Politisi partai Golkar tersebut, mengajak para rektor di kampus-kampus lain se Indonesia agar ikut andil dalam pengembangan olahraga nasional. Mereka diajak bersinergi membangun berbagai fasilitas di kampus, agar anak didik di sana bisa latihan sampai jadi juara.

"Tidak ada lagi kita hanya mengandalkan bakat, talenta, kemampuan yang sudah ada secara alam, pasti kita akan jauh ketinggalan dengan negara-negara lain, kalau kita tidak menempatkan sport science sebagai pemandu utama dari olahraga nasional,” kata Menpora RI. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES