Cek Fakta Fakta atau Hoaks

CEK FAKTA: Salah, Video Kapal Ferry Terguncang Saat Badai Eunice

Kamis, 24 Februari 2022 - 16:55 | 100.85k
video kapal ferry terguncang disertai narasi yang menyebutkan peristiwa tersebut terjadi saat Badai Eunice.
video kapal ferry terguncang disertai narasi yang menyebutkan peristiwa tersebut terjadi saat Badai Eunice.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar video kapal ferry terguncang di media sosial. Narasi yang menyertai video tersebut adalah peristiwa berlangsung saat terjadi Badai Eunice

Video berdurasi 37 detik tersebut beredar di Twitter dan diunggah oleh akun Twitter @mvmoxford pada 18 Februari 2022.

Akun @mvmoxford menyertakan narasi sebagai berikut:

#StormEunice #StormEunice Nae bother 
@GeorgeCochrane1

Hingga 24 Februari 2022, video yang diunggah akun twitter @mvmoxford telah ditonton lebih dari 3,5 juta kali, dan disukai 13 ribu kali, serta di-retweet 3.358 kali. 

cek-fakta-Badai-Eunice-4.jpgSumber: Twitter (https://twitter.com/mvmoxford/status/1494435194962649094)

Benarkah klaim tersebut?

CEK FAKTA

Berdasarkan penelusuran tim Cek Fakta TIMES Indonesia, video tersebut tidak terjadi saat Badai Eunice. Penelusuran kami dengan mesin pencari menemukan fakta bahwa video tersebut direkam di Pelabuhan Ardrossan, Skotlandia.

Melansir Metro.co.uk, kapal ferry MV Caledonian Isles mencoba berlabuh ke Pelabuhan Ardrossan, Skotlandia saat Badai Dennis terjadi pada Jumat, 14 Februari 2020.

cek-fakta-Badai-Eunice.jpgSumber: Ferry filmed lurching from side to side during Storm Dennis gales | metro.co.uk

Mengutip Turnbackhoax.id, jaringan Cek Fakta TIMES Indonesia, yang menyebut akun Twitter @Daily_Record menginformasikan hal yang sama. Media Skotlandia ini menyertakan video dan narasi sebagai berikut.

“ CalMac ferry MV Caledonian Isles rocking violently in Ardrossan harbour as Storm Dennis hits Scotland. Credit: Stuart Bell  #ardrossan #arran #stormdennis # weatherwarning #scotland #calmac ”

cek-fakta-Badai-Eunice-2.jpgSumber: Twitter/@The Daily Record

Terkait dengan nama badai, mengutip dari Bbc.com, The Met Officer membuat daftar nama badai dari A sampai Z yang berlangsung dari awal September hingga akhir Agustus, berganti antara pria dan wanita. 

Nama diberikan ketika badai diperkirakan berdampak sedang atau tinggi, atau dalam cuaca berpotensi menyebabkan peringatan kuning atau merah. 

Badai Eunice membawa serta peringatan cuaca merah. Ini merupakan peringatan terkuat, yang berarti diperkirakan cuaca bisa mengancam jiwa dan gangguan besar pada perjalanan dan pasokan energi.

cek-fakta-Badai-Eunice-3.jpgSumber: Storm Eunice: How, and why, do storms get their names? | bbc.com

KESIMPULAN

Hasil penelusuran Cek Fakta TIMES Indonesia, klaim pada video bahwa kapal tergoncang karena badai Eunice, salah. Video direkam saat Badai Dennis terjadi pada 14 Februari 2020. Saat itu, kapal ferry mencoba berlabuh ke Pelabuhan Ardrossan, Skotlandia.

Menurut misinformasi/disinformasi yang dikategorikan oleh FirstDraft, informasi tersebut termasuk dalam kategori false context (konteks keliru). 

False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.

---

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerja sama dengan 23 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES