Indonesia Positif

Sensasi Menginap di Hotel Tugu Blitar

Rabu, 23 Februari 2022 - 09:06 | 110.14k
Hall Hotel Tugu Blitar.
Hall Hotel Tugu Blitar.

TIMESINDONESIA, BLITARHotel Tugu Blitar, merupakan sebuah hotel butik yang didirikan pada sekitar tahun 1850-an. 

Terletak di jantung kota, hotel ini mudah ditemukan pelancong. Ya lokasinya strategis di Jalan Merdeka Kota Blitar. 

Dulu hotel ini milik seorang priyayi ningrat Jawa dari Dinasti Pangeranan di Jawa, yang tetap melestarikan karakter artistik, karismatik, dan sejarah yang selalu menjadi jujugan para petinggi dan tamu negara serta para wisatawan yang berkunjung ke kota ini.

Blitar sendiri salah satu kota di Provinsi Jawa Timur. Kota ini terletak di bagian selatan provinsi dan di barat daya Kota Surabaya sebagai ibukota Jawa Timur. 

Orang-orang yang tinggal di Indonesia umumnya mengenal Blitar sebagai tempat pemakaman presiden pertama Indonesia, Soekarno.  

Kota Blitar yang berada di kaki Gunung Kelud dengan ketinggian 156 meter di atas permukaan laut yang membuat udara maupun suasananya menyejukkan dan menyegarkan ini dikenal dengan julukan Kota Proklamasi, Bumi Bung Karno dan Kota Koi yang memiliki daya tarik yang luar biasa.

Menurut sejarah konon wilayah ini didominasi oleh Suku Tartar dari Sisi Timur yang akhirnya Kerajaan Majapahit mampu mengambil alih wilayah dari waktu ke waktu. Namun, Belanda menaklukkannya sebelum kemerdekaan Indonesia.  

Sejarah yang berharga ini memang menjadi salah satu daya pikat terbaik yang bisa dinikmati wisatawan di Blitar, dengan adanya beberapa peninggalan diantaranya Candi Penataran yang merupakan candi Hindu terbesar di Jawa Timur yang dibangun oleh Kertajaya, Raja Kerajaan Majapahit pada tahun 1197 dan ditemukan ditemukan pada tahun 1815, Candi Sawentar dan Candi Simping yang dibangun oleh Jayanegara sebagai tempat pemujaan dan tempat penyimpanan abu Raden Wijaya. 

Menjelajahi Kota Blitar, banyak wisata alam yang menarik yang wajib dikunjungi, diantaranya Kawasan Perkebunan Kopi Kawisari yang merupakan perkebunan kopi terbesar dan tertua dari zaman kolonial Belanda dari tahun 1870-an, terletak di antara lereng Gunung Kawi dan Gunung Kelud. 

Nikmati keindahan yang mempesona dengan hutan rimbun sejauh mata memandang, dengan air terjun, sungai dan kabut mistis yang membuat suasana pedesaan Jawa Timur begitu romantis dengan dimana perkebunan ini merupakan tempat pembibitan berbagai jenis buah dan sayuran organik, serta cengkeh, karet, dan kakao, selain dikelilingi oleh pantai selatan yang indah terdapat pantai Peh Pulo yang terkenal dengan Raja Ampat-nya Blitar. 

Tak kalah menarik wisatawan dapat mengunjungi Istana Gebang yang merupakan rumah Jawa yang menawan tempat Presiden Soekarno dibersarkan, agro wisata Belimbing Karangsari dimana pengunjung dapat langsung petik buah belimbing dari pohonnya, Petilasan Rambut Monte sebuah danau hijau yang jernih dihuni oleh ratusan ikan langka, Goa Embultuk dengan stalagtit dan stalagmit yang indah dan masih banyak lagi. 

Nah jika berencana mengunjungi Blitar, silakan menginap di Hotel Tugu Blitar. Anda akan mendapatkan sensasi menginap yang mewah dan eksotis sekaligus. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES