Tekno

Facebook Reels Sudah Hadir Secara Global, Kenali Fitur-Fiturnya

Rabu, 23 Februari 2022 - 16:52 | 112.87k
Facebook Reels mengusung banyak fitur baru. (FOTO: about.fb.com)
Facebook Reels mengusung banyak fitur baru. (FOTO: about.fb.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Akhirnya Facebook Reels dirilis dan bisa dinikmati di seluruh dunia. Banyak fitur baru yang 'memanjakan' pengguna Facebook.

Sebelumnya, Facebook Reels hanya tersedia di Amerika Serikat. Namun kini Meta meluncurkannya di 150 negara untuk pengguna Android dan iOS.

CEO Meta, Mark Zuckerberg menyebut Facebook Reels telah menjadi format konten yang berkembang paling pesat. 

"Dan hari ini kami membuatnya tersedia untuk seluruh orang di Facebook secara global," ujar Mark Zuckerberg melalui postingannya di Facebook, dikutip dari The Guardian, Rabu (23/2/2022).

Fitur-Fitur di Facebook Reels
Tentunya Reels di Facebook bisa untuk membuat video pendek. Selain itu, tersedia akses serta fitur menarik lainnya yang bisa dimanfaatkan oleh para penggunanya.

Inilah beberapa fitur Facebook Reels yang tersedia, dikutip dari siaran pers Facebook, Rabu (23/2/2022).

Pertama adalah fitur Remix. Mirip dengan fitur duet di TikTok, di sini pengguna bisa membuat Reels balasan berdampingan dengan Reels yang sudah pernah dibagikan kepada publik di Facebook.

Ketika membuat Remix, pengguna bisa membuat Reels baik semua atau sebagian dari konten Reels kreator lainnya.

Kedua, fitur 60- second Reels. Adanya fitur ini memperpanjang durasi Facebook Reels menjadi 60 detik.

Fitur berikutnya adalah Drafts. Fitur ini memungkinkan pengguna Facebook Reels bisa membuat konten atau kreasi dan menyimpannya. Konten tersebut bisa diunggah pada kemudian hari karena ada opsi atau pilihan  “Simpan Sebagai Draf” di bawah tombol Simpan.

Selanjutnya, fitur Video Clipping yang membantu pembuat konten menyunting atau editing video live atau konten panjang untuk Reels. Tentunya, editing dilakukan sebelum hasilnya dipublikasikan. Fitur Video Clipping akan segera diluncurkan.

Selain beberapa fitur tersebut, Facebook juga akan meluncurkan pembaruan pada Reels agar lebih mudah ditemukan oleh pengguna Facebook. Beberapa pembaruan di antaranya "Reels in Stories", "Reels in Watch", "Top of Feed", dan "Suggested Reels in Feed".

Dengan "Reels in Stories", pengguna bisa berbagi Reels ke Facebook Stories miliknya dan memberikan kreator visibilitas dan jangkauan yang lebih luas. Pengguna juga dapat membuat Reels dari konten "Stories" yang ada.

Untuk "Reels in Watch", pengguna bisa menonton Reels langsung di tab "Watch". Facebook berencana untuk mengembangkan alat baru agar dapat membuat Reels di tab "Watch".

Pembaruan lainnya yakni "Top of Feed" merupakan label Reels baru di bagian atas Beranda pengguna. Ini agar Reels lebih mudah aksesnya baik untuk mencari atau membuat konten.

Sedangkan "Suggested Reels in Feed" hanya berlaku di negara tertentu. Di fitur ini, Facebook memberikan saran tentang konten Reels yang mungkin disukai dari orang yang belum pernah diikuti oleh pengguna.

Facebook juga mengintegrasikan Reels antara Facebook dan Instagram agar video bisa dengan mudah dibagikan di kedua platform tersebut.

Selain fitur-fitur, Meta juga Meta menghadirkan lebih banyak iklan di Facebook Reels. Format iklan yang tersedia yakni banner ads dan static sticker ads.

Tak ketinggalan, di Facebook Reels diberikan kesempatan bagi kreator untuk mendapatkan pemasukan. Pengguna diberikan akses ke program ad-placement dan menggulirkan fitur Stars. Di fitur Stars, penggemar bisa memberi tip langsung ke kreator. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES