Glutera News

4 Cara Ampuh Hilangkan Lemak Perut

Sabtu, 19 Februari 2022 - 10:00 | 62.84k
4 Cara Ampuh Hilangkan Lemak Perut
(FOTO: Glutera News)
Editor: Deasy Mayasari

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Setiap orang pasti memiliki lemak di perut, baik orang gemuk, kurus, atau orang yang memiliki perut rata. Hal ini adalah kondisi normal, tetapi ada beberapa hal yang perlu diketahui soal lemak ini

Apa itu lemak perut?
Lemak perut adalah lemak yang menumpuk di rongga antara organ, seperti lambung, hati, dan usus. Lemak yang juga disebut lemak visceral (visceral fat) ini berfungsi melindungi organ penting dalam perut. 

Umumnya, sebagian besar lemak disimpan di bawah kulit atau dikenal sebagai lemak subkutan.  Lemak subkutan merupakan jenis lemak yang bisa dilihat dan dirasakan, terutama ketika Anda mencubit kulit. Sementara itu, lemak seperti visceral tersembunyi di balik kulit yang dapat membuat perut menonjol.

Jumlah lemak visceral yang terlalu banyak bisa menimbulkan bahaya bagi kesehatan. Masalah kesehatan akibat penumpukan lemak viseral dapat terjadi baik pada orang gemuk maupun kurus. 

Perut buncit sering kali menjadi pertanda adanya penumpukan lemak di perut. Jika dibiarkan terlalu lama, timbunan lemak di perut yang menyebabkan obesitas ini bisa meningkatkan risiko munculnya berbagai penyakit, seperti diabetes, hipertensi, stroke, serangan jantung, kanker, dan demensia.

Untuk menurunkan risiko terkena berbagai penyakit tersebut serta membuat tubuh lebih sehat dan terlihat lebih proporsional, ada beberapa cara menghilangkan lemak perut yang patut Anda coba.

Cara menghilangkan lemak perut yang aman 

Menghilangkan lemak perut secara alami merupakan proses yang membutuhkan kesabaran dan tekad yang kuat. Namun jika dilakukan secara rutin dan konsisten, bentuk tubuh yang ideal dengan lemak perut yang berkurang akhirnya bisa diperoleh seiring waktu.
Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan lemak perut yang bisa Anda lakukan:

1. Kontrol porsi makan
Cara pertama untuk mengurangi timbunan lemak di perut adalah dengan membatasi asupan kalori. Anda bisa mulai dengan mengurangi porsi makan setidaknya setengah porsi dari porsi biasanya, namun makan dalam porsi tersebut lebih sering.

Satu hal yang perlu Anda ingat, jangan pernah untuk melewatkan sarapan, karena hanya akan membuat nafsu makan Anda meningkat di siang hari. Jika pada malam hari Anda merasa lapar, coba perbanyak minum air putih dan pilih makanan rendah kalori, seperti roti gandum, oatmeal, sayur dan buah.

2. Selektif dalam memilih makanan 
Selain mengontrol porsi makan, Anda juga perlu lebih selektif dalam mengonsumsi makanan maupun minuman. Pilihlah asupan yang sehat dan bernutrisi, seperti:
• Makanan tinggi serat dan karbohidrat kompleks, misalnya sayur dan buah-buahan serta gandum
• Makanan tinggi protein, misalnya daging tanpa lemak, ikan, telur, dan kacang-kacangan
• Makanan yang mengandung lemak sehat, seperti minyak zaitun, minyak kelapa, alpukat, ikan, kedelai, dan yoghurt.

Glutera-2.jpg

Untuk mengurangi lemak di perut agar tidak semakin membuncit, hindari atau batasi konsumsi beberapa jenis makanan atau minuman berikut ini:
• Makanan atau minuman yang mengandung tinggi gula, seperti kue, minuman bersoda, es krim, dan sirup
• Makanan cepat saji
• Makanan dengan lemak jenuh (kolesterol) dan lemak trans yang tinggi, seperti keju, margarin, jeroan, dan daging berlemak
• Minuman beralkohol

3. Rutin berolahraga
Selain menjalani pola makan sehat, cara menyingkirkan lemak di perut yang efektif dan tak kalah penting adalah dengan rutin dan disiplin berolahraga. Lakukan olahraga setiap hari setidaknya selama 30 menit atau 5 hari dalam seminggu.
Beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan untuk menghilangkan lemak di perut ada banyak, misalnya jalan kaki, joging, senam aerobik, zumba, yoga, pilates, berenang, HIIT, dan latihan kardio. Anda juga dapat mencoba berbagai latihan atau gerakan untuk mengecilkan perut, seperti sit up, plank, atau side plank.

4. Kurangi stres
Stres merupakan salah satu penyebab menumpuknya lemak di perut dan biang kerok terjadinya obesitas. Saat sedang stres, Anda akan menjadi lebih sering lapar, sehingga terdorong untuk banyak makan atau ngemil. Jika dorongan tersebut terpenuhi, tubuh pun akhirnya akan menjadi semakin gemuk.
Untuk itu, penting untuk mengurangi stres dengan rutin melakukan relaksasi serta tidur yang cukup setidaknya 7-9 jam setiap malamnya.

Perlu diingat, cara menghilangkan lemak di perut memang membutuhkan waktu dan proses yang cukup lama, sehingga Anda perlu melakukannya dengan sabar dan tidak cepat menyerah. (*)

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.



Publisher : Rizal Dani

EKORAN

TERBARU

  • Nilai Sederhana dan Tidak Merepotkan Orang Lain Buya Syafii Kini Tinggal Kenangan
    Nilai Sederhana dan Tidak Merepotkan Orang Lain Buya Syafii Kini Tinggal Kenangan
    28/05/2022 - 15:06
  • Pilbup Sragen 2024, Dua Partai Siap Berkoalisi dengan Dedy Endriyatno
    Pilbup Sragen 2024, Dua Partai Siap Berkoalisi dengan Dedy Endriyatno
    28/05/2022 - 14:53
  • Duta Pemuda Kenalkan Batik Khas Jombang ke Milenial
    Duta Pemuda Kenalkan Batik Khas Jombang ke Milenial
    28/05/2022 - 14:45
  • Truk dan Pikap Balapan Tabrak Pemotor, Dua Meninggal Satu Kritis
    Truk dan Pikap Balapan Tabrak Pemotor, Dua Meninggal Satu Kritis
    28/05/2022 - 14:32
  • Desa Waitamua Kepulauan Sula Terima Bantuan Rumah Produksi dari Kemendes PDTT RI
    Desa Waitamua Kepulauan Sula Terima Bantuan Rumah Produksi dari Kemendes PDTT RI
    28/05/2022 - 14:24

TIMES TV

Nyaman dan Aman, Yuk Belanja ke Matos

Nyaman dan Aman, Yuk Belanja ke Matos

10/11/2021 - 09:39

Suara Merdu Dipikat Label Maia Estianty- Ninaya Ilena

Suara Merdu Dipikat Label Maia Estianty- Ninaya Ilena
Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji

Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji
Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji

Jelajah Kopi Nusantara : Sukron, Anak Desa Bangkitkan Kopi Taji
Pemkot Malang Kuatkan Infrastruktur Digital Penunjang Smart City Melalui Wifi Gratis

Pemkot Malang Kuatkan Infrastruktur Digital Penunjang Smart City Melalui Wifi Gratis

iGuides

  • Tawarkan Konsep Baru, Saygon Hotel and Cottage Terekomendasi Iguides 5 Star
    20/03/2022 - 18:00
  • Skipjack, Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    Skipjack, Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    28/01/2022 - 10:38
  • Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    07/12/2021 - 20:06
  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05

KOPI TIMES

  • Pembelajaran Integratif Pendidikan Agama Islam dan Sains
    Pembelajaran Integratif Pendidikan Agama Islam dan Sains
    28/05/2022 - 10:28
  • “Pentingnya Perlindungan PRT Melalui  RUU PPRT”
    “Pentingnya Perlindungan PRT Melalui  RUU PPRT”
    27/05/2022 - 17:45
  • The Social Dilemma: Menelisik Candu dan Algoritma Media
    The Social Dilemma: Menelisik Candu dan Algoritma Media
    27/05/2022 - 15:23
  • Nawa Cita Ala Kampus untuk Pengentasan Kemiskinan di Indonesia
    Nawa Cita Ala Kampus untuk Pengentasan Kemiskinan di Indonesia
    24/05/2022 - 16:57
  • Gerakan Credit Union: Suatu Upaya Kemandirian Ekonomi
    Gerakan Credit Union: Suatu Upaya Kemandirian Ekonomi
    24/05/2022 - 02:00
  • Tanaman Hias Bukan Sekadar Hiasan
    Tanaman Hias Bukan Sekadar Hiasan
    24/05/2022 - 01:44
  • Beragama Mendorong Umatnya untuk Tidak Jadi Pengangguran
    Beragama Mendorong Umatnya untuk Tidak Jadi Pengangguran
    23/05/2022 - 17:35
  • Pandemi, Buruh, dan Perubahan Sistem Tenaga Kerja
    Pandemi, Buruh, dan Perubahan Sistem Tenaga Kerja
    23/05/2022 - 16:02

KULINER

  • 5 Makanan Khas yang Sering Dibawa JCH Indonesia, Termasuk Rendang 
    5 Makanan Khas yang Sering Dibawa JCH Indonesia, Termasuk Rendang 
    28/05/2022 - 13:40
  • Nikmatnya Sarapan Pagi Kuliner Khas Blora, Nasi Pecel Mbah Jito
    Nikmatnya Sarapan Pagi Kuliner Khas Blora, Nasi Pecel Mbah Jito
    28/05/2022 - 05:15
  • Oatmeal Yogurt, Menu Sarapan yang Bikin Awet Kenyang
    Oatmeal Yogurt, Menu Sarapan yang Bikin Awet Kenyang
    27/05/2022 - 01:33
  • Nikmati Makanan Indonesia, Mesut Ozil Sebut Pisang Goreng dan Rendang Enak
    Nikmati Makanan Indonesia, Mesut Ozil Sebut Pisang Goreng dan Rendang Enak
    26/05/2022 - 20:13
  • Toast Banana Caramelized, Menu Sarapan Mewah Nan Sehat
    Toast Banana Caramelized, Menu Sarapan Mewah Nan Sehat
    26/05/2022 - 04:29