Kesehatan

Musim Pancaroba, Coba Konsumsi Rempah Nusantara Ini

Jumat, 18 Februari 2022 - 04:03 | 133.29k
Rempah Nusantara (FOTO: Pixabay)
Rempah Nusantara (FOTO: Pixabay)

TIMESINDONESIA, JAKARTAMusim pancaroba adalah musim peralihan dari satu musim ke musim yang lainnya. Pada musim pancaroba sering ditemui orang yang jatuh sakit karena peralihan suhu dan daya tahan tubuh yang lemah. Apa saja rempah yang disarankan untuk dikonsumsi saat pancaroba?

1. Kunyit

Zat Kurkumin pada kunyit dikatakan sebagai senyawa anti-inflamasi alami yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Olahan kunyit juga sangat beragam, yang paling popular yaitu jamu kunyit.

2. Jahe

Di dalam jahe, terdapat kandungan gingerol yang dapat meningkatkan imunitas tubuh dan dapat menangkal radikal bebas. Selain itu juga, jahe bisa meredakan batuk. Makanan dan minuman yang berasal dari jahe juga sangat bervariasi. Olahan yang sederhana dan nikmat yaitu wedhang jahe.

3. Bawang Putih

Bawang putih sangat terkenal karena biasa digunakan sehari-hari untuk memasak. Kandungan antibiotik, vitamin C dan vitamin D juga ditemukan di bawang putih. Sehingga bawang putih mampu untuk menjaga kesehatan tubuh.

4. Habbatussauda

Habbatussauda mengandung antioksidan yang berpotensi menangkal radikal bebas. Selain itu juga bisa memperbaiki kerusakan pada tubuh. Rempah ini bisa ditambahkan pada masakan sehari-hari

5. Cengkeh

Cengkeh termasuk jenis rempah yang mudah ditemui di Indonesia. Antioksidan yang terkandung dalam cengkeh juga bisa menjaga imunitas tubuh. Cengkeh sering ditambahkan de dalam teh untuk mengobati batuk.

Selain mudah didapat, kelima rempah di atas harganya pun cukup terjangkau untuk menjaga daya tahan tubuh anda saat menghadapi musim pancaroba kali ini. (*)

*) Penulis: Nur Akbar Erwinsyah Muhammad, Mahasiswa Sastra Jerman Universitas Negeri Malang

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES