Peristiwa Daerah

Kwarda Pramuka Jatim Kembangkan Saka Teknologi Informasi

Kamis, 17 Februari 2022 - 15:40 | 56.24k
Arum Sabil Ketua Pramuka Kwarda Jatim bersama Kadis Kominfo Jatim Hudiyono dalam kerjasama Saka TIK. (FOTO: Kwarda Jatim/TIMES Indonesia)
Arum Sabil Ketua Pramuka Kwarda Jatim bersama Kadis Kominfo Jatim Hudiyono dalam kerjasama Saka TIK. (FOTO: Kwarda Jatim/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur (Kwarda Pramuka Jatim) terus berupaya mengaktualisasikan kembali Satuan Karya (Saka) Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Hal tersebut didorong oleh peran TIK yang sangat strategis di era digital global.

Muhammad Arum Sabil selaku Ketua Umum Kwarda Pramuka Jatim mengatakan bahwa pihaknya akan segera mengkoordinasikan perealisasian pembentukan struktur Saka TKI dengan Dinas Kominfo Jatim agar pengukuhannya dapat dilakukan dalam waktu dekat.

Secara kelembagaan, Kepala Dinas Kominfo Jatim akan menjabat sebagai Pembina Saka TIK dan seluruh karyawan menjadi anggotanya.

"Dalam sejarah yang pernah ada Saka TIK menjadi bagian dari Pramuka ini harus dihidupkan, yaitu dengan membentuk Saka, Nantinya Kepala Dinas yang bersangkutan dan seluruh karyawan semuanya adalah anggota pramuka," paparnya saat mengunjungi Dinas Kominfo Jatim dan diterima secara langsung Kadis Kominfo Jatim, Dr.Hudiyono, M.Si di Command Center Room.

Arum berpendapat, dunia digital seperti saat ini tidak dapat dihindari.  Arum memberikan contoh, pada saat masuk Kantor Dinas Kominfo harus menggunakan scan (QR) Aplikasi Peduli Lindungi sehingga tidak perlu membawa hasil test. Hal tersebut telah tersistem dengan baik.

Dengan demikian, harapannya seluruh OPD Provinsi Jawa Timur sudah bisa terintegrasi dalam akses  informasi tentang Jawa Timur.

Tentu saja, jajaran Kwarda Pramuka Jatim kedepannya akan sangat membutuhkan pengurus yang memiliki SDM di bidang teknologi dan informasi. Oleh karena itu, pihaknya ingin bersinergi dengan Diskominfo serta memberikan apresiasi kepada Diskominfo melalui program yang saat ini sedang dijalankan.

Arum juga menambahkan, pihaknya akan merencanakan adanya Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) sebagai wadah untuk menjalin ikatan silaturahmi yang diisi dengan kegiatan edukasi dan literasi digital yang sangat dibutuhkan oleh Kepramukaan di Jawa Timur.

Dr. Hudiyono, M.Si selaku Kadis Kominfo Jatim menyambut baik komitmen Kwarda Pramuka Jawa Timur yang akan membentuk Saka TIK. Kedepannya, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa akan mengintegrasikan seluruh akses data lewat program Satu Data (SATA) Jawa Timur melalui Dinas Kominfo.

Hudiyono juga menjelaskan bahwa diperlukan adanya sinergitas agar Kwarda Pramuka Jatim bisa menjadi salah satu sumber data yang bisa diakses oleh Kominfo selaku wali data. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES