Indonesia Positif

BPPSDMP Kementan Dorong SDM Pertanian Tingkatkan Produktivitas

Jumat, 11 Februari 2022 - 21:20 | 59.64k
Sekretaris BPPSDMP Kementerian Pertanian, Siti Munifah berbicara dalam agenda Pembinaan Pegawai di BBPP Ketindan, Kabupaten Malang, Jumat (11/2/2022). (FOTO: Imadudin Muhammad/TIMES Indonesia)
Sekretaris BPPSDMP Kementerian Pertanian, Siti Munifah berbicara dalam agenda Pembinaan Pegawai di BBPP Ketindan, Kabupaten Malang, Jumat (11/2/2022). (FOTO: Imadudin Muhammad/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Sekretaris BPPSDMP Kementerian Pertanian, Siti Munifah mendorong sumber daya manusia (SDM) pertanian untuk meningkatkan produktivitas kerja. Hal itu disampaikannya saat memberikan motivasi  kepada ASN di Balai Besar Penyuluhan Pertanian Ketindan (BBPP Ketindan), Kabupaten Malang, Jumat (11/2/2022).

Secara khusus Siti Munifah menyampaikan bahwa aparatur sipil negara (ASN) di BPPP Ketindan memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas SDM Pertanian. Karena, mereka sebagai pihak yang memberikan pelayanan serta berhubungan langsung baik dengan petani, penyuluh, maupun masyarakat umum.

"Yang menentukan paling besat (keberhasilan suatu organisasi dalam menjalankan agenda program) adalah SDM-nya, kapasitasnya mencapai 50 persen," ujarnya kepada TIMES Indonesia di sela-sela kegiatan Pembinaan Pegawai di BBPP Ketindan.

Munifah pun menekankan dorongan dan motivasi dalam upaya peningkatan kualitas SDM pertanian ini berlaku bagi segenap ASN khususnya di lingkungan Badan SDM Pertanian Kementerian Pertanian.

"Motivasi ini berlaku untuk semuanya, dari ASN hingga honorer, semuanya harus tahu tujuan bekerja," ucapnya.

BPPSDMP-Kementan-2.jpgFoto bersama pegawai BBPP Ketindan usai agenda Pembinaan Pegawai oleh Sekretaris BPPSDMP Kementan, Siti Munifah, Jumat (11/2/2022). (FOTO: Ferry/TIMES Indonesia)

Perempuan kelahiran Malang ini juga menyampaikan pesan agar para pegawai yang bekerja, bukan hanya asal pagi berangkat sore pulang. Namun, harus memiliki target dengan kinerja.

"Bekerja pun membuat kita dapat berkah. Berkah bukan hanya dalam bentuk harta, tapi juga dalam bentuk kesehatan, kesuksesan anak-anak kita," tandas Munifah.

Dorongan yang disampaikan Sekretaris BPPSDMP Kementan ini sejalan dengan arahan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo. Mentan SYL mendorong sumber daya manusia di dunia pertanian menjadi yang unggul, professional dan adaptif. Pasalnya, SDM merupakan kunci penting dalam pembangunan pertanian untuk menghadapi berbagai tantangan dan ancaman.

Syahrul mengingatkan bahwa Indonesia bisa menjadi bangsa besar dan kuat kalau pertaniannya maju. "Ini tugas yang berat yang perlu kita selesaikan secara serius," ucapnya dalam suatu kesempatan.

Sebelumnya, Siti Munifah memberikan apresiasi kepada Unit Kerja dan Unit Pelaksana Teknis di bawah BPPSDMP Kementerian Pertanian yang telah berupaya melaksanakan reformasi birokrasi demi terwujudnya SDM Pertanian yang profesional, berdaya saing dan berjiwa wirausaha. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES