News Commerce

E-Presensi Menghilangkan Sistem Absensi Konvensional yang Tidak Efektif

Rabu, 09 Februari 2022 - 16:05 | 129.62k

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sejak awal pandemi, kebijakan pemerintah untuk membatasi mobilitas telah berdampak sangat besar pada sektor ekonomi. Banyak perusahaan yang harus melakukan pengurangan karyawan, memangkas gaji pegawai dan menyesuaikan proses kerja. Pada saat yang sama, masyarakat masuk ke era baru dimana istilah Work From Home, Remote Working dan Freelance semakin lumrah. Menurut Ricky Caesar Sam, Head Sales Marketing dari Appsensi, sistem kerja semacam itu memiliki resiko dari segi produktivitas sehingga perusahaan memerlukan dukungan teknologi untuk menghindarinya.

“Saat karyawan terpaksa kerja dari rumah maka supervisi perusahaan terhadap keaktifan dan kinerja menjadi longgar. Pada awalnya, perusahaan khawatir akan dampak terburuk berupa merosotnya produktivitas. Mau tidak mau harus ada sistem komprehensif dimana secara daring perusahaan dan karyawan terus terhubung.”  Tutur Ricky.

Selanjutnya, Ricky menyatakan bahwa setelah pandemi masuk ke fase pasca pandemi saat ini, staf perusahaan yang telah terbiasa bekerja remote atau WFH menginginkan fleksibilitas. Karyawan tidak serta-merta balik ke cara kerja konvensional.

“Kita lihat data survey tentang perubahan budaya kerja pasca pandemi dimana angka menunjukan masyarakat Indonesia sedang menginginkan sistem yang lebih lugas. Perusahaan tidak harus kaku dalam hal ini, karena jika tidak maka kembali lagi produktivitas dipertaruhkan. Ini adalah saat yang tepat bagi perusahaan untuk mengintegrasikan alat-alat teknologi supaya karyawannya lebih menikmati aktivitas kerja.”

PT Appsensi Tiga Ribu menjadi satu dari sekian banyak startup yang dikembangkan untuk memberikan solusi bagi perusahaan, lembaga, dan organisasi dalam mengelola kehadiran dan keterlibatan karyawan sejak masa pandemi hingga pasca pandemi sekarang. Appsensi menyediakan teknologi absensi berupa Mobile Attendance Software untuk membantu perusahaan mendata sekaligus menilai kehadiran karyawan tanpa harus tatap muka langsung.

“Kami menyadari kalau finger print dan ID Card tidak efektif lagi saat ini. Kami adalah perusahaan pihak ketiga yang menyediakan Attendance Software agar perusahaan bisa menerima laporan kehadiran karyawan langsung dari karyawan itu sendiri melalui perangkat seluler. Jadi, dengan menggunakan software ini perusahaan tetap mendapatkan laporan tentang keberadaan karyawan selama jam kerja dan sejauh mana karyawan terlibat dalam proses kerja.”

Ricky menilai, secara fungsional software dari Appsensi menguntungkan baik perusahaan maupun karyawan. Bagi perusahaan, sistem absensi online akan menghilangkan resiko penyebaran covid di lingkungan tempat kerja. Selain itu, karena Appsensi menciptakan software ini lengkap dengan teknologi pengenalan wajah dan deteksi lokasi maka karyawan tidak bisa memanipulasi data. Sementara itu, bagi karyawan cara absensi menggunakan mobile phone membantu mereka mengisi data dari posisi masing-masing secara real-time. Khusus bagi karyawan lapangan dan sales, teknologi dari Appsensi menghilangkan keharusan mengisi absen di kantor.

Dilengkapi fitur validasi dan otentikasi

Sejauh ini, Appsensi berhasil membuktikan bahwa kehadiran software presensi online mampu mempertahankan keterlibatan karyawan. Ricky menilai, dengan fitur-fitur validasi dan otentikasi yang terdapat dalam software setidaknya mewujudkan metode supervisi jarak jauh dari perusahaan kepada pegawai atau karyawan.

Appsensi

Fitur pemindai wajah dan penanda lokasi memberikan kepastian data laporan. Dengan menggunakan fitur-fitur ini, perusahaan menerima laporan kehadiran yang valid. Selain itu, pihak HRD yang mewakili perusahaan dapat melakukan tracking terhadap karyawan untuk mengetahui posisi terkini. Sistem supervisi semacam ini berdampak pada menurunnya tingkat kecurangan atau pemalsuan data kehadiran oleh karyawan.

Berbasis mobile

Sistem presensi online dari Appsensi dirancang dengan pendekatan cloud yang disederhanakan. Software ini menghubungkan sistem database perusahaan dengan perangkat seluler milik masing-masing karyawan. Dengan demikian, setiap karyawan mengisi data kehadiran mereka dengan mudah dan cepat. Dari segi keamanan data laporan, software Appsensi akan merekam data secara otomatis dan meringkasnya menjadi laporan sederhana dimana HRD langsung mengolah untuk pengambilan setiap keputusan.

Ricky meyakini, teknologi absensi online berbasis mobile dari Appsensi sangat signifikan dalam menunjang aktivitas bisnis pada generasi digital seperti sekarang.

PT Appsensi Tiga Ribu
 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES