Gaya Hidup

Doa Sebelum dan Saat Bangun Tidur dalam Islam Beserta Artinya

Kamis, 10 Februari 2022 - 07:35 | 263.48k
Doa sebelum dan doa saat bangun tidur (Foto: Shutterstock)
Doa sebelum dan doa saat bangun tidur (Foto: Shutterstock)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Doa sebelum dan saat bangun tidur sangat penting dilakukan. Tidur merupakan salah satu proses beristirahat setelah seharian beraktivitas padat. Tidur juga menjaga energi agar tetap sehat dan fit. 

Dengan beristirahat, detoksifikasi racun yang ada dalam tubuh sesuai mekanisme biologis yang terjadi. Proses tidur menjadi bagian dari mekanisme biologis dalam tubuh manusia. 

Seorang muslim dianjurkan tidur sesuai dengan proporsinya. Tidur tidak boleh berlebihan atau terlalu kurang. Tidur yang berlebihan dapat berakibat pada kurangnya produktivitas kerja, munculnya kemalasan, tidak terbiasa bekerja keras, dan melatih kekuatan fisik karena banyak aktivitas yang dikerjakan hanya di tempat tidur. Tidur terlalu sedikit juga tidak baik karena dapat berefek pada lemahnya tubuh, dan akan berdampak pada kerja organ tubuh yang kurang optimal.

Agar tetap produktif terkait dengan waktu istirahat(tidur), dijelaskan dalam Alquran surat Al-Qashas ayat 73, Allah SWT berfirman yang berbunyi:

وَمِن رَّحْمَتِهِۦ جَعَلَ لَكُمُ ٱلَّيْلَ وَٱلنَّهَارَ لِتَسْكُنُوا۟ فِيهِ وَلِتَبْتَغُوا۟ مِن فَضْلِهِۦ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Artinya: "Dan karena rahmat-Nya, Dia jadikan untukmu malam dan siang, supaya kamu beristirahat pada malam itu dan supaya kamu mencari sebagian dari karunia-Nya (pada siang hari) dan agar kamu bersyukur kepada-Nya."

Dalam ayat lain, yaitu surat An-Naba ayat 9, Allah SWT berfirman:

وَجَعَلْنَا نَوْمَكُمْ سُبَاتًا

Artinya: "Dan Kami jadikan tidurmu untuk istirahat"

Allah SWT sudah mengatur sistem kehidupan dimuka bumi ini. Pagi atau siang hari matahari masih sangat kuat dan terlihat cahayanya, lalu memberikan energi untuk tumbuhan berfotosintesis, menyinari manusia sehingga bisa aktif beraktifitas kembali. Maka, pada siang hari dijadikan waktu untuk beraktivitas, sedang pada malam hari untuk istirahat. Tidur adalah aktivitas rutin yang sudah menjadi kebutuhan setiap mahluk hidup bahkan sudah menjadi kebutuhan wajib untuk tubuh.

Di saat tidur, kita dianjurkan untuk berdoa. Agar Allah SWT menjaga, melindungi dan ridha dengan apa yang kita lakukan dan kita perbuat. 

Berikut adalah doa sebelum dan saat bangun dari tidur:

Doa sebelum tidur

بِسْمِكَ اللّهُمَّ اَحْيَا وَ بِسْمِكَ اَمُوْتُ

“Bismika Allahumma ahyaa wa bismika amuut”.

Artinya: “Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup, dan dengan nama-Mu aku mati."

Doa saat bangun tidur

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ

"Alhamdullillahilladzi ahyaanaa bada maa amaatanaa wa ilaihin nushur."

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah Dia ‘mematikan’ kami, dan kepada-Nyalah kami dikembalikan.”

Selain membaca doa, kita dianjurkan melakukan beberapa hal sebelum tidur. Agar supaya saat tidur, Allah SWT selalu menjaga dan melindungi kita dari segala sesuatu yang tidak diinginkan.
1.    Mengambil wudhu.
2.    Membersihkan tempat tidur
3.    Membaca Al-fatihah dan ayat kursi.
4.    Membaca dua kalimat syahadat.
5.    Mengusapkan telapak tangan ke seluruh bagian tubuh.
6.    Berbaring menghadap kanan. 

Keutamaan doa sebelum dan sesudah bangun tidur
Bukan hanya sebagai pengingat diri kepada Allah SWT sebagai Sang Maha Pencipta, doa sebelum dan sesudah bangun tidur memiliki banyak manfaat. Manfaat dari doa sebelum dan sesudah bangun tidur adalah sebagai berikut:

1.    Keutamaan doa sebelum tidur
Saat tertidur pulas, kita tetap membutuhkan pertolongan Allah SWT. Dengan membaca doa sebelum tidur, kita dapat terhindar dari mimpi buruk, terhindar dari gangguan setan, dan tetap dapat bangun kembali dikeesokan harinya.

2.    Keutamaan doa saat bangun dari tidur
Ketika disaat kita tidur, bisa saja tidak bangun lagi. Maka dari itu, ketika bangun dari tidur dan masih bisa merasakan kehidupan, sebaiknya kita bersyukur kepada Allah SWT dengan cara berdoa. Membaca doa bangun dari tidur merupakan bentuk syukur karena Allah SWT masih menjaga kita saat tidur dan memberikan kesempatan kepada kita untuk bangun serta bisa menjalankan aktivitas seperti biasa.

Demikian doa sebelum tidur dan doa bangun tidur yang penting dilakukan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES