Gaya Hidup

Tetap Hemat saat Jadi Mahasiswa di Rantau, Berikut Tipsnya

Selasa, 08 Februari 2022 - 05:52 | 80.14k
ILUSRASI - Menghemat pengeluaran (FOTO: instagram/@succesbefore30
ILUSRASI - Menghemat pengeluaran (FOTO: instagram/@succesbefore30

TIMESINDONESIA, JAKARTAMahasiswa sangat identik dengan pengeluaran yang banyak namun pemasukan terbatas, terlebih jika belum memiliki kerja. Mungkin sebagian besar dari mahasiswa kesulitan untuk mengatur keuangan.

Agar tidak bingung, berikut beberapa tips menjadi mahasiswa hemat tanpa pelit ke diri sendiri.

1. Membuat rencana pengeluaran tiap hari

Rencana pengeluaran setiap hari perlu diperhatikan agar tidak sembarangan dalam mengeluarkan uang. Apabila sudah direncakan maka akan tahu perkiraan uang yang dibutuhkan.

2. Masak dan membawa air putih

Makan dan minum adalah kebutuhan primer dari manusia. Disaat kita masak sendiri maka akan lebih hemat dibandingkan dengan membeli makanan. Membawa air putih saat bepergian juga termasuk cara hemat agar menekan pengeluaran

3. Jangan banyak nongkrong di Cafe

Gaya hidup juga menentukan pengeluaran. Apabila ingin hemat, jangan terlalu banyak nongkrong di Cafe karena pasti akan menguras banya uang. Boleh sekali kali, namun tidak disarankan terlalu sering.

4. Belanja barang thrift

Barang thrift kini semakin banyak dijual. Dengan membeli barang yang thrift yang masih layak, maka akan lebih hemat dibandingkan dengan membeli yang baru

5. Mengikuti organisasi atau kepanitiaan

Saat mengikuti organisasi atau kepanitiaan pastinya akan mendapatkan konsumsi. Hal tersebut bisa menjadi solusi untuk tetap hemat.

Itulah beberapa tips menarik yang bisa diterapkan untuk kaum mahasiswa yang ingin hemat. Selain hemat, jangan lupa untuk tetap menabung secara rutin, ya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES