Indonesia Positif

Merasakan Pengalaman Wisata Air dengan Kapal Dewa Ruci di Hotel Tugu Lombok

Jumat, 04 Februari 2022 - 09:37 | 58.46k
Kapal Dewa Ruci, Courtesy by Hotel Tugu Lombok.
Kapal Dewa Ruci, Courtesy by Hotel Tugu Lombok.

TIMESINDONESIA, LOMBOKHotel Tugu Lombok membuka layanan baru bertajuk Kapal Dewa Ruci. Pengunjung dapat menaiki Kapal Dewa Ruci untuk menikmati pemandangan matahari terbit yang menakjubkan.

Tak itu saja, pengunjung hotel juga dapat merasakan berbagai pengalaman dan aktivitas wisata air lainnya seperti snorkeling dan wisata pulau. Semuanya kegiatan di air akan ditemani oleh tim Hotel Tugu Lombok yang telah berpengalaman dan profesional.

Kapal Dewa Ruci sendiri dipakai oleh Hotel Tugu Lombok, karena kisah Dewa Ruci yang merupakan penguasa lautan.

Dikisahkan Bima memiliki seorang guru bernama Resi Drona. Kemudian Resi Drona memerintahkan Bima untuk mencari air kehidupan (tirta perwita) yang akan membuat Bima mencapai kesempurnaan hidup. Perintah ini sesungguhnya hanyalah siasat untuk melenyapkan Bima supaya tidak turut berperang dalam Perang Baratayuda yang kala itu sedang dipersiapkan. 

Bima yang memiliki jiwa seorang murid, tanpa bertanya langsung menjalankan titah sang guru. Ia berangkat menuju tempat-tempat berbahaya.

Pertama, ia diutus ke gua gunung Candramuka. Disana ia bertemu dua raksasa yang tinggal di sana, yaitu Rukmuka dan Rukmakala. Kemudian terjadi perkelahian dan kedua raksaksa tersebut kalah tetapi Bima tak juga dapat menemukan air kehidupan. 

Ia pasrah dan bersandar pada sebuah pohon beringin. Lalu ia mendengar suara tak berwujud, "Wahai cucuku yang sedang bersedih, engkau mencari sesuatu yang tidak ada di sini. Mustahil mencari air kehidupan di sini". Suara itu berasal dari Batara Indra yang kemudian memberitahu Bima bahwa dua raksasa yang Ia bunuh, ternyata memang sedang dihukum Batara Guru. Lalu dikatakan juga agar untuk mencari air kehidupan, Bima diperintahkan agar kembali ke Astina.

Setelah ia kembali ke Astina, ia menemui gurunya kembali, Resi Drona. Bukannya mengakui kesalahan, Resi Drona berdalih hanya menguji Bima. Ia pun memerintahkan Bima untuk menuju Samudra demi mendapatkan air kehidupan. Semua kerabat Bima melarang dan memperingatkan bahwa semua itu hanyalah jebakan saja. 

Namun Bima tetap teguh dan bertekad pergi demi melaksanakan titah sang guru. Bahkan jika ia harus menemui kemalangan pun ia siap, sebab ia sendiri memiliki keyakinan bahwa apa yang dilakukannya adalah darma, dan semua ada yang mengaturnya

Sesampai di tepi laut, ia merasa takut dan ragu jika ia sanggup memasuki samudra raya itu. Dengan kesaktian aji Jalasegara yang ia dapatkan dari Batara Bayu pada perjalanan sebelumnya, ia memasuki dasar laut dengan menyibak air, bahkan sanggup bernafas di dalam air. Alkisah di dalam laut tersebut hidup seorang naga. Bima mampu mengalahkanya dengan menikamkan kukunya. Kuku Pancanaka.

Setelah naga tersebut mati, Bima bertemu dengan seorang Dewa kerdil, bernama Dewa Ruci yang wajahnya menyerupai Bima sendiri. Besar dari Dewa Ruci tidak lebih besar dibanding telapak tangan Bima. Dewa Ruci memerintahkan Bima untuk memasuki telinga kirinya, sebuah perintah yang mustahil. Namun, dengan sebuah keajaiban, Bima berhasil masuk dan di dalamnya Bima mendapati dunia yang maha luas. Dewa Ruci mengatakan bahwa air kehidupan tidak ada di mana-mana, sebab air kehidupan berada di dalam diri manusia itu sendiri.

Bima memahami wejangan Dewa Ruci yang sesungguhnya adalah representasi dirinya sendiri, yang muncul dan memberi pengajaran kepadanya karena ia telah mematuhi segenap perintah gurunya (Drona) dengan sepenuh hati.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai aktivitas dan ragam pengalaman dengan Kapal Dewa Ruci di Hotel Tugu Lombok bisa dapat langsung menuju website Tugu Hotels & Restaurants di tuguhotels.com atau dapat langsung menghubungi [email protected] . (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES