Peristiwa Daerah

Terpilih Aklamasi, Gus Haris Jadi Nakhoda Baru HKTI Kabupaten Probolinggo

Kamis, 03 Februari 2022 - 18:34 | 57.57k
Gus Haris saat menandatangani hasil muscab. (Foto: Abdul Jalil/TIMES Indonesia)
Gus Haris saat menandatangani hasil muscab. (Foto: Abdul Jalil/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – DPC Himpunan Kerukunan Tani Indonesia Kabupaten Probolinggo (HKTI Kabupaten Probolinggo) menggelar musyawarah cabang (muscab) di GOR Damanhuri Pesantren Zainul Hasan Genggong, Kamis (3/2/2022). Dalam musyawarah itu, Gus dr. Mohammad Haris Damanhuri (Gus Haris), terpilih secara aklamasi sebagai nakhoda baru.

Tokoh muda yang akrab disapa Gus dr. Haris itu akan menakhodai DPC HKTI Kabupaten Probolinggo, selama lima tahun ke depan, 2022-2027. Pemilihan itu dilakukan secara terbuka yang diikuti oleh sejumlah pengurus dan anggota DPC HKTI setempat

Usai musyawarah itu, Wakil Ketua I DPD HKTI Jawa Timur, T. Saiful Azhari menyampaikan, terpilihnya ketua baru dari kalangan tokoh ulama tersebut, diharapkan menjadi nafas baru untuk menggerakkan organisasi menjadi lebih baik.

“Saya secara pribadi juga yakin, dengan dipimpin oleh Gus Haris, mampu membawa organisasi ini terus berkembang lebih baik,” ungkapnya.

Terlebih lagi, kata dia, organisasi ini memang membutuhkan sosok pemimpin yang lahir dari kalangan pesantren. Sehingga nantinya program santri tani dapat terealisasi di setiap pesantren.

“Pesantren sekarang banyak tersebar di berbagai penjuru desa. Dengan mengajak santri dan pesantren terlibat dalam pengembangan pertanian, diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan petani,” paparnya.

Sementara itu Gus dr. Haris menyampaikan, amanah yang diembannya saat ini tidak ringan. Banyak tugas dan pekerjaan rumah (PR) yang harus segera diselesaikan. Namun, semua itu tidak bisa dilakukan sekejap, melainkan butuh waktu dan proses.

“Akan tetapi, dengan bersama-sama untuk mensejahterakan petani, semua tugas tersebut dapat terselesaikan dengan mudah dan cepat,” ujarnya.

Ke depan, imbuhnya, dengan melibatkan pesantren dan santri, dapat membesarkan pola santri tani di sejumlah daerah hingga pelosok desa. Diharapkan, dari langkah ini, pesantren dapat menjadi embrio dan motivasi untuk kesejahteraan seluruh lapisan masyarakat.

“Adanya organisasi ini juga dapat bermanfaat pada seluruh masyarakat tanpa terkecuali. Serta dapat membantu menyelesaikan persoalan-persoalan yang kini dialami para petani,” harap Gus dr. Haris.

Muscab DPC HKTI Kabupaten Probolinggo itu telah menetapkan Gus Haris sebagai ketua terpilih pada periode 2022-2027. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES