Cek Fakta Fakta atau Hoaks

CEK FAKTA: Video Tabrakan Satelit India Tewaskan Astronot Amerika

Senin, 31 Januari 2022 - 16:37 | 79.32k
Video tabrakan satelit yang beredear di media sosial.
Video tabrakan satelit yang beredear di media sosial.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar video singkat yang diklaim tabrakan satelit India dengan stasiun luar angkasa internasional. Tabrakan tersebut menyebabkan tewasnya astronot Amerika Serikat, Michael Keynes.

Video berdurasi 45 detik tersebut dibagikan akun Twitter @ProfSK5 pada 24 Januari 2022. Akun tersebut menyertakan cuitan berikut:

Indian satellite collides with International Space Station and kills Michael Keynes, famous American astronaut..... 
Any updates?

Terjemahan:
Satelit India bertabrakan dengan Stasiun Luar Angkasa Internasional dan membunuh Michael Keynes, astronot Amerika yang terkenal.....
Ada pembaruan?

cek fakta Tabrakan Satelit India 2Sumber: Twitter (https://twitter.com/profsk5/status/1485614786713120768)

Benarkah kabar tersebut?

CEK FAKTA

Berdasarkan penelusuran tim Cek Fakta TIMES Indonesia, video yang diklaim sebagai tabrakan antara satelit India dengan stasiun luar angkasa internasional, salah. Penelusuran dengan mensin pencari menemukan fakta bahwa bideo tersebut merupakan hasil karya seniman.

Mengutip turnbackhoax.id, jaringan Cek Fakta TIMES Indonesia, video tersebut merupakan video CGI (Computer-generated Imagery) karya  Aleksey Patrev, seorang seniman Computer Generated asal Ukraina. 

Video tersebut diunggah Aleksey di akun Instagram pribadinya (@aleksey_n) pada 27 Juli 2021 dengan narasi sebagai berikut:

“What’s happening ?

#iss #animation #astronaut #cosmos #earth”

cek fakta Tabrakan Satelit India 3Sumber: Instagram/@aleksey__n

Karya-karya seni dari Aleksey Patrev bisa dilihat di sini: https://www.artstation.com/aleksey_n

Terkait dengan kabar tentang Michael Keynes, astronot Amerika yang tewas dalam tabrakan satelit tersebut, BBC pernah melaporkan wafatnya Michael Collins, astronot asal Amerika pada di usia 90 tahun. Michael Collins meninggal akibat kanker yang dideritanya pada 28 April 2021. 

Michael Collins merupakan salah satu astronot yang melakukan misi pendaratan di bulan pada 1969. Ia bersama Neil Amsotrong dan Buzz Aldrin dalam misi tersebut dengan pesawat luar angkasa Apollo 11.

cek fakta Tabrakan Satelit India 4Sumber: Michael Collins 'pahlawan di balik layar' misi pertama manusia ke bulan wafat, seperti apa kiprahnya? | BBC News Indonesia

KESIMPULAN

Hasil penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, video yang diklaim sebagai tabrakan satelit India dengan satelit luar angkasa internasional yang menyebabkan tewasnya astronot Amerika, Michael Collins, salah. Video tersebut merupakan karya seniman asal Ukraina, Aleksey Patrev. Terkait astronot AS Michael Collins, mendiang meninggal karena penyakit kanker pada 28 April 2021. Jadi, bukan karena tabrakan satelit.

Menurut misinformasi/disinformasi yang dikategorikan oleh FirstDraft, kabar tersebut termasuk dalam kategori false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.

---

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerja sama dengan 23 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES