Metatimes

Jadi Tren Baru, Ini Kata Menko Perekonomian RI Soal Metaverse, Blockchain, NFT, dan Web 3.0

Senin, 31 Januari 2022 - 15:07 | 82.61k
Menko Perekonomian RI Airlangga Hartarto. (Foto: Kemenko Perekonomian for TIMES Indonesia)
Menko Perekonomian RI Airlangga Hartarto. (Foto: Kemenko Perekonomian for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTAMenko Perekonomian RI Airlangga Hartarto menyebutkan booming teknologi baru seperti Metaverse, Blockchain, NFT, dan Web 3.0 akan menjadi tren baru di setiap lini kehidupan masyarakat.

Karena itu, Menko Airlangga berharap generasi muda di Indonesia bersiap untuk mulai menguasai berbagai keterampilan yang diperlukan di bidang-bidang tersebut.

“Pemerintah telah melakukan upaya untuk menghadapi transformasi industri yang diperkirakan mengarah kepada “Society 5.0 atau Society of intelligence di mana ruang fisik dan dunia siber akan terintegrasi dengan kuat,” kata Airlangga  saat menyampaikan keynote speech pada Kuliah Umum di Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) di Salatiga, Jawa Tengah),  seperti dikutip dalam siaran pers akhir pekan lalu.

Menko Airlangga menjelaskan, peningkatan infrastruktur digital, pelatihan, penerbitan regulasi, penyediaan ekosistem UMKM, serta penyediaan pembiayaan merupakan upaya-upaya yang telah dilakukan pemerintah guna mempercepat penciptaan talenta digital baru dan pengembangan ekonomi berbasis digital.

Komitmen pemerintah meningkatkan kualitas SDM Indonesia terus ditingkatkan melalui APBN 2022, yakni dengan menyediakan anggaran pendidikan yang mencapai Rp 42,8 triliun. Hal ini mengingat pentingnya SDM sebagai modal utama pembangunan nasional.

“Akselerasi dalam peningkatan kualitas SDM memerlukan koordinasi dan sinergi dengan seluruh pihak. Maka konsep pembangunan 'pentahelix', di mana unsur pemerintah, masyarakat atau komunitas, akademisi perguruan tinggi, pengusaha, dan media bersatu membangun kebersamaan dalam pembangunan menjadi kunci,” papar Menko Airlangga.

Airlangga berharap ke depannya, para mahasiswa senantiasa mengembangkan diri dan menambah pengalaman soft-skill maupun hard-skill.

“Terus pertahankan semangat belajar serta aktif berinovasi demi percepatan pertumbuhan ekonomi pasca pandemi Covid-19 di Indonesia ini,” tegas dia.

Terkait sasaran utama transformasi digital pertanyaan dari salah seorang mahasiswa di sesi tanya jawab, Airlangga mengungkapkan, pemanfaatan teknologi digital telah terakselerasi dalam kurun waktu 2 tahun terakhir ini.

“Akselerasi sudah dilakukan melalui pembelajaran secara daring dari rumah, sehingga sudah dapat dilihat bahwa sebagian besar sudah mampu memanfaatkan teknologi digital,” kata Menko Perekonomian RI. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES