Kesehatan

Ini Dia Fakta Menakjubkan Moringa Olieifera

Sabtu, 29 Januari 2022 - 08:16 | 188.34k

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Jamu, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) merupakan obat yang dibuat dari akar-akaran, daun-daunan dan sebagainya. Oleh karena itu, jamu sudah menjadi bagian tradisi masyarakat Indonesia baik untuk penyembuhan maupun untuk menjaga kondisi tubuh.

Saat ini, jamu mungkin sudah tidak sebanyak dulu yang mengkonsumsinya, terlebih lagi saat ini banyak pilihan obat yang lebih modern. Namun konsumsi obat tidak bisa dilakukan terus menerus karena memiliki efek samping.

Berbeda dengan jamu yang dapat dikonsumsi secara rutin yang berkhasiat untuk menjaga daya tahan tubuh karena terbuat dari bahan herbal atau ekstrak tanaman atau tumbuhan yang tidak terlalu memberikan efek samping.

Salah satunya jamu tetes M-King ini, seolah jadi alternatif bagi banyak orang untuk menggunakannya karena mengandung berbagai ekstrak herbal. Jamu tetes M-King memiliki kandungan utama Moringa oleifera atau lebih dikenal dengan nama daun kelor.

Diketahui daun Kelor ini mengandung ragam kandungan gizi, seperti kalium, zat besi, karbohidrat, protein, kalsium, magnesium, vitamin A dan vitamin C. Selain itu, daun kelor juga kaya akan zat antioksidan selenium, tembaga, zink, fosfor, vitamin B serta serat yang tidak larut air.

Seperti yang dikatakan dr. Sri Redjeki Endang S., MSi (Herb) pakar herbal yang sekaligus berprofesi sebagai dokter, Sabtu (29/1/22) bahwa banyak penelitian yang sudah dilakukan untuk menguak rahasia Moringa oleifera atau daun kelor.  Secara umum kandungan gizinya sangat tinggi, bahkan berkali lipat dibandingkan tanaman herbal lainnya.  Makanya tanaman ini dijuluki sebagai the miracle tree atau pohon ajaib.

“Kalsium dan zat besi (Fe) merupakan komponen penting yang dibutuhkan manusia, ada di daun kelor.  Kalsium berperan penting dalam pembentukan tulang dan gigi, sedang zat besi berperan dalam pembentukan hemoglobin,” ungkapnya.

Kandungan flavonoid daun kelor juga sangat berperan dalam menurunkan kadar kolesterol.  “Ada penelitian pemberian Moringa oleifera untuk penderita Hepatitis B, hasilnya uji fungsi hatinya membaik,” urainya.

Sementara itu Manging Director PT Unimax Power, Anton menambahkan, “MKing adalah jamu tetes yang diformulasi dari ekstrak beberapa herbal pilihan.   Mengandung antioksidan dan anti inflamasi yang sangat baik untuk mengobati berbagai macam penyakit degeneratif.”

Anton juga menjelaskan bahwa kandungan dalam jamu tetes M-King selain daun kelor juga mengandung buah Mengkudu, Temu Lawak, dan juga bunga Resola yang berkhasiat bagi tubuh dalam menjaga kesehatan.

"Keempat bahan baku tadi merupakan formulasi dari M-King. Dibuat ke dalam ukuran botol 20ml dan diminum dengan cara ditetes ke dalam minuman (10-15 tetes). Jamu M-King ini juga bisa dikonsumsi mulai dari usia remaja hingga lanjut usia," ujar Anton.

Tak hanya itu saja, ternyata M-King sudah memiliki izin dari BPOM serta tersertifikasi Halal oleh MUI sehingga aman bagi bagi pemakai. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES