Ekonomi

Perjuangkan Kesetaraan Gender Melalui Produk UMKM Perempuan Bergerak by Hayy Maahayaa

Sabtu, 29 Januari 2022 - 11:10 | 62.55k
Produk UMKM karya Perempuan Bergerak yang digagas Ny Hayy Maahayaa. (Foto: Hayy Maahayaa for TIMES Indonesia)
Produk UMKM karya Perempuan Bergerak yang digagas Ny Hayy Maahayaa. (Foto: Hayy Maahayaa for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SIDOARJO – Berangkat dari cita-cita melakukan pergerakkan kecil untuk kaum perempuan, Hayy Maahayaa (36) mendirikan sebuah produk UMKM yang berkonsep feminisme sebagai usaha dalam mewujudkan kesetaraan gender.

Ny Hayy Maahayaa, perempuan asli Surabaya saat ini mengembangkan produk UMKM yang dirintisnya di Pandaan, Pasuruan. Dia menjelaskan bahwa berawal dari latar belakang sebagai usaha memperjuangkan kesetaraan kaum perempuan itulah kemudian tercipta sebuah ide untuk menciptakan sebuah produk wujud pergerakan kecil sebagai media pembelajaran, penanaman serta penyadaran tentang feminisme.

Produk UMKM B

Selain itu ditunjang dengan ilmu yang telah didapat selama mengenyam pendidikan pada masa bangku perkuliahan, muncullah sebuah pemikiran saling silang bahwa perempuan harus dapat segera bangkit dari keterpurukan, perempuan harus berdaya dan perempuan harus berani bersuara untuk meraih keadilan.

"Di bawah bendera feminisme, segala bentuk misogini baik diskriminasi seksual, fitnah perempuan, kekerasan terhadap perempuan, objektifikasi seksual dan sejenisnya diangkat dalam produk Perempuan Bergerak  By Hayy Maahayaa," kata Hayy, Sabtu (29/1/2022).

Hayy memaparkan, dimana adanya pembelajaran serta penanaman nilai feminisme tentang bukan siapa yang menang atau kalah atas dominasi kuasa  yang terjadi, melainkan feminisme sebagai jalan meraih kesetaraan demi terwujudnya keadilan dan sikap saling menghargai satu sama lain.

"Nama Perempuan Bergerak By Hayy Maahayaa dipilih karena baginya  perempuan harus berani bersuara dan berani bertindak. Suara adalah senjata yang dapat menyelamatkan diri sendiri untuk segera bangkit dari keadaan yang tidak diinginkan demi terwujudnya perubahan dan keadaan yang lebih baik, karena berani bersuara sama artinya dengan berani bergerak," papar Hayy kepada TIMES Indonesia.

Produk UMKM C

Produk-produk Perempuan Bergerak by Hayy Maahayaa meliputi segala macam merchandise mulai dari t-shirt, hoodie, vest, tas, kaos kaki, topi dan segala macam jenis produk yang dbuat secara limited edition dengan konsep feminisme.

"Produk Perempuan Bergerak by Hayy Maahayaa ini ada karena mempunyai beberapa misi. Sebagai media pembelajaran, penanaman serta penyadaran akan feminisme tentang kesetaraan gender. Selain itu, 2,5% dari setiap pembelian produk Perempuan Bergerak  by Hayy Maahayaa  diakumulasikan untuk pendampingan atau pemberdayaan bagi para perempuan di sekitar yang membutuhkan," ujar Alumni Magister Sosiologi Universitas Airlangga angkatan 2014 ini.

Berpaham pada ideologi feminisme yang telah tertanam kuat pada diri, Hayy berharap produk Perempuan Bergerak by Hayy Maahayaa ini menjadi berkat bagi semua. Memberikan manfaat bagi pengguna serta penikmat meski hanya sekedar melihat ataupun membaca segala kata pada setiap ornamen yang tertera pada setiap produknya.

"Saya berharap, produk Perempuan Bergerak by Hayy Maahayaa ini memberikan manfaat bagi siapa saja. Entah sebagai media pembelajaran dan penanaman nilai feminisme, ataupun sebagai media penyadaran untuk merefleksi diri. Karena dengan melihat, membaca dan mendengar itu sama artinya dengan belajar. Berharap produk Perempuan Bergerak by Hayy Maahayaa nantinya dapat berkembang pesat dan memberikan lebih banyak manfaat untuk semua, " harapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES