Pendidikan

89 Persen Lulusan MAN 2 Kota Malang Lolos Perguruan Tinggi Negeri

Sabtu, 29 Januari 2022 - 11:31 | 166.29k
MAN 2 Kota Malang di Jalan Bandung, Klojen, Kota Malang. (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)
MAN 2 Kota Malang di Jalan Bandung, Klojen, Kota Malang. (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANGMAN 2 Kota Malang adalah salah satu sekolah ternama di Jawa Timur, bahkan se-Indonesia. Sekolah yang berada di Jalan Bandung nomor 7 Kecamatan Klojen, Kota Malang ini memiliki tekad kuat untuk mengantarkan lulusannya diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terbaik.

Tidak sedikit pula siswa yang melanjutkan studi di luar negeri dan meraih beasiswa pendidikan karena prestasinya. 

MAN 2 Kota Malang (eks MAN 3 Kota Malang) saat ini mempunyai 1.145 siswa, 80 tenaga pendidik, 45 tenaga kependidikan, dan lebih dari 7.000 alumni yang tersebar di seluruh dunia. 

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun TIMES Indonesia, Jumat (28/1/2022), sebanyak 330 lulusan atau 89 persen siswa XII MAN 2 Kota Malang pada tahun 2021 lalu berhasil diterima di perguruan tinggi negeri. 

grafis-MAN-2-Malang.jpg

Angka ini tentu bombastis. Sebab, dari total siswa kelas XII yakni 371 siswa, 330 orang lolos seleksi masuk PTN di Indonesia. Sedangkan sisanya, mereka melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dengan jumlah 18 orang atau 5 persen, universitas luar negeri 3 orang atau 1 persen, pondok pesantren 6 orang atau 2 persen dan gap year 14 orang atau 4 persen. 

Data terbaru, ada tambahan empat siswa yang lolos beasiswa LPDP dan melanjutkan studi ke perguruan tinggi di luar negeri. 

MAN 2 Kota Malang yang dipimpin Mohammad Husnan ini dilengkapi dengan empat opsi jurusan, yakni IPA, IPS, Bahasa dan Agama. 

Pada tahun 2021, siswa kelas XII ada 267 yang masuk jurusan IPA, 49 masuk jurusan IPS, 30 orang masuk jurusan Bahasa dan 25 orang masuk jurusan Agama. 

Ada delapan jalur masuk yang ditempuh oleh siswa untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Jalur masuk tersebut adalah SNMPTN (23 persen), SBMPTN (49 persen), PMDK Vokasi (1 persen), PBUB UGM (0,3 persen, Mandiri (22 persen), SPAN PTKIN (2 persen), SNMPN (0,3 persen) dan UM PTKIN (2 persen). 

Untuk poin jalur masuk ini yang terekam hanya 351 dari 371 peserta didik. Sedangkan sisanya adalah peserta didik yang gap year sebanyak 14 peserta didik, dan peserta didik yang masuk pondok pesantren sebanyak 6 peserta didik. 

Sebaran peserta didik menurut jurusan atau program studi yang diambil berdasarkan pengelompokan keilmuan, yakni 45 persen SAINTEK/Teknik & MIPA, 32 persen Sosial Humaniora, 13 persen SAINTEK/Kedokteran, 5 persen SAINTEK/Kesehatan, 2 persen Pondok Tahfidz Quran, 2 persen gap year dan 1 persen perguruan tinggi luar negeri. 

Itu lah peta dan jumlah serta persentase sebaran siswa MAN 2 Kota Malang pada tahun 2021. Mayoritas lulusan sekolah ternama ini diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN). (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES