Wisata

Indahnya Panorama Sunset di PIK Kendal Bisa Bikin Traveler Ketagihan

Jumat, 28 Januari 2022 - 15:40 | 110.33k
Salah seorang pengunjung PIK, Prawoto, saat menikmati panorama sunset di PIK, Jumat 28/1/2022. (Foto: Zamroni/TIMES Indonesia)
Salah seorang pengunjung PIK, Prawoto, saat menikmati panorama sunset di PIK, Jumat 28/1/2022. (Foto: Zamroni/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, KENDAL – Salah satu destinasi wisata pantai di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah yang direkomendasikan sebagai tempat untuk menikmati panorama sunset di waktu senja itu ialah Pantai Indah Kemangi (PIK) yang berada di ujung utara Kendal. Wisata yang dibangun sejak 2006 itu letaknya tak jauh dari pusat perkotaan Kendal.

Memang, menikmati keindahan dan panorama sunset di tepi pantai, menjadi suatu kenikmatan tersendiri bagi para traveler. Bahkan, tak jarang dari traveler yang ketagihan hingga ingin mengulang momen itu di lain waktu usai menikmati keindahan panorama sunset di pantai tersebut.

Di saat senja mulai datang menyelimuti pantai, tentu para traveler yang sedang berwisata di tepi pantai tidak akan melewatkan momen sunset. Walau sekadar mengabadikan momen dengan berfoto selfie atau hanya menikmati panorama sunset kala senja. Namun, yang pasti hal itu menjadi kenikmatan tersendiri bagi pecinta wisata pantai.

Memang, sunset menjadi sesuatu hal yang banyak diincar oleh para traveler saat sedang berwisata di pantai. Bahkan, tak jarang pula dari mereka yang rela menempuh perjalanan jauh hanya untuk sekedar menikmati sunset dan keindahan pantai di waktu senja, termasuk di PIK Kendal.

Untuk sampai di PIK, para traveler tak perlu membutuhkan waktu lama jika berangkat dimulai dari pusat perkotaan Kendal, karena untuk sampai di PIK itu hanya butuh waktu sekitar setengah jam saja dengan jarak tempuh sekitar 16 kilometer dari pusat kota Kendal.

Jika para traveler mulai berangkat dari pusat perkotaan Kendal, maka ambil jalan ke barat menuju Kecamatan Cepiring. Sesampai di Cepiring, belok ke kanan atau ke barat dan lurus saja hingga sekitar 300 meter baru belok kiri.

Dari situ, kemudian lurus ambil jalur menuju Kecamatan Kangkung. Setelah sampai di Kangkung kemudian ambil jalur menuju Desa Jungsemi. Nah di ujung utara Desa tersebut adalah letak Wisata pantai PIK.

Keindahan dan panorama sunset di pantai di PIK tentu tidak perlu diragukan lagi. Selain bisa menikmati panorama sunset, para traveler juga bisa menikmati fasilitas- fasilitas yang disuguhkan oleh PIK untuk pengunjung. Mulai dari wahana anak-anak hingga peminjaman motor All Terrain vehecle (ATV) yang disediakan pengelola.

Selain itu, pengelola PIK juga menyediakan gazebo bergaya klasik berukuran sedang yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk bersantai dan berfoto selfie. Tak hanya itu, PIK juga menyediakan fasilitas- fasilitas lainnya seperti, tempat ibadah yakni mushola dan kamar mandi yang bisa digunakan oleh pengunjung.

Untuk Harga Tiket Masuk (HTM) juga tergolong murah. Pengelola PIK, Dasuki, yang juga menjabat sebagai Kepala Desa Jungsemi mengatakan bahwa untuk HTM di wisata PIK itu hanya Rp. 5000 per orang.

Menurutnya, untuk pengunjung PIK sendiri di setiap harinya mencapai 200 pengunjung dan berasal dari berbagai daerah. PIK mulai dibuka sejak pagi sekira jam 06.00 WIB hingga petang sekitar 18.00 WIB.

"Namun, di hari- hari tertentu seperti di hari libur atau tanggal merah, pegunjung PIK bisa mencapai 2 ribu pengunjung. Sementara omset per bulan kita saat ini sudah bisa mencapai di angka Rp 50 jutaan per bulan," kata Dasuki saat ditemui di kantornya, Jumat (28/1/2022).

PIK Kendal bPara pengunjung KIP saat bersantai duduk di gazebo yang disediakan pengelola PIK sambil menikmati suasana pantai, Jumat 28/1/2022. (Foto: Zamroni/TIMES Indonesia)

Dasuki melanjutkan, untuk wahana anak- anak pihaknya memasang tarif mulai Rp 5000 hingga Rp 10.000 per wahana atau per jam. Sedangkan untuk jasa pinjaman ATV per 15 menit hanya Rp 20 ribu. Dengan menaiki ATV yang disediakan PIK, pengunjung bisa jalan- jalan menyusuri sepanjang tepi pantai.

Saat ini pengelola PIK juga sedang merencanakan penambahan fasilitas yaitu, perahu speed boat, agar bisa lebih memanjakan para pengunjung.

"Kita baru beli satu speed boat, namun karena ada salah seorang dari pihak swasta yang juga ingin berinves di sini dengan menyewakan speed boat ke kita, jadi speed boot di PIK akan menjadi bertambah satu lagi," ungkapnya.

Rencananya, lanjut Dasuki, untuk speed boat pihaknya akan pasang tarif Rp 20 ribu per 15 menit. "Kita sudah menyiapkan dua nahkoda. Namun karena saat ini ombaknya lagi besar kita tunda dulu untuk uji coba perahu speed boat itu, kita nunggu dulu sampai kondisi ombak kecil baru kita lakukan uji coba," ucapnya.

PIK Kendal cSalah seorang pengunjung PIK, Prawoto warga Kendal, saat menaiki All Terrain vehecle (ATV) yang disediakan pengelola PIK, Jumat 28/1/2022. (Foto: Zamroni/TIMES Indonesia)

Sementara itu, salah seorang pengunjung dari Kendal, Ida Aida mengatakan bahwa, dia sudah sering datang ke PIK tersebut.

"Sebulan sekali saya pasti kesini, kadang sama temen kadang sama keluarga. PIK tempatnya asyik, jadi saya senang datang kesini walau hanya sekedar main- main saja. Ini saya lagi nunggu waktu senja datang, karena ingin melihat panorama sunset di tempat ini," ungkapnya.

Sambil menunggu waktu senja datang, dirinya meminjam ATV untuk menyusuri tepi pantai. "Mengendarai ATV dengan menyusuri tepi pantai di PIK itu penuh sensasi dan agak sedikit menegangkan," pungkas Ida saat menunggu waktu senja di PIK untuk menikmati panorama sunset wisata Kabupaten Kendal itu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES