Peristiwa Daerah

Pimpin Apel Gelar Pasukan, Pangdam V Brawijaya Minta Prajurit Monitor Wilayah Masing-masing

Jumat, 28 Januari 2022 - 15:03 | 42.65k
Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Nurchahyanto, memimpin Gelar Apel Pasukan di Lapangan Rampal Kota Malang. (Foto: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)
Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Nurchahyanto, memimpin Gelar Apel Pasukan di Lapangan Rampal Kota Malang. (Foto: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANGPangdam V Brawijaya Mayjen TNI Nurchahyanto, memimpin Gelar Apel Pasukan yang diikuti 2.100 personel dalam rangka antisipasi perkembangan situasi di wilayah Jawa Timur di Lapangan Rampal, Kota Malang, Jumat (28/1/2022).

Dalam amanatnya, Pangdam berpesan bahwa Pandemi Covid-19 belum usai dan terus memberi dampak pada masyarakat. Sebab itu, prajurit TNI AD diminta totalitas mendukung pemerintah terutama vaksinasi Covid-19 dan penerapan protokol kesehatan Covid-19.

"Saya sangat memahami sudah banyak yang kita lakukan dalam membantu penanganan Covid-19 di Jawa Timur. Kontribusi kita cukup banyak termasuk pemulihan ekonomi. Hal ini terus dilanjutkan dan ditingkatkan sebagai bentuk darma bakti kita," tuturnya.

Pangdam-V-Brawijaya-2.jpg

Ia meminta seluruh prajurit terus melakukan monitoring di wilayah masing-masing untuk mengetahui ancaman dan mencari solusi dalam mengatasi setiap permasalahan.

"Kepada komandan satuan, saya tegaskan terus memelihara dan menjaga kesiap-siagaan prajurit. Prajurit harus mengerti tugas dan tanggung jawab masing-masing," tegasnya.

Komandan satuan diminta untuk memastikan para prajurit menguasai apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan sesuai aturan yang ada. Setelah mereka memahami, dilanjut dengan implementasi setiap tugas yang dibebankan sehingga tidak ada keraguan dalam bertindak.

Pangdam-V-Brawijaya-3.jpg

"TNI AD harus hadir di tengah kesulitan masyarakat apapun bentuknya dan menghadirkan solusi. Tingkatkan sinergitas dengan pemerintah dan Polri serta komponen lainnya," ungkapnya.

Mengakhiri amanatnya Mayjen TNI Nurchahyanto menegaskan kepada pasukannya untuk mempedomani serta mengamalkan perintah harian KASAD yang isinya sebagai berikut :

1) Implementasikan Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI dimanapun bertugas dan berada.

2) Tunjukkan jati diri TNI AD sebagai Tentara Rakyat, Tentara Pejuang, Tentara Nasional dan Tentara Profesional.

3)  Pertajam kepekaan terhadap perkembangan situasi dan lakukan tindakan proaktif terhadap segala bentuk ancaman, terutama yang dapat mengganggu persatuan dan kesatuan bangsa.

4) Tegakkan kedaulatan dan pertahankan keutuhan wilayah NKRI sampai titik darah penghabisan.

5) TNI AD harus hadir di tengah-tengah kesulitan masyarakat, apa pun bentuknya dan senantiasa menjadi solusi.

6)   Lakukan tindakan-tindakan yang akan berdampak terhadap kesejahteraan rakyat, agar mampu menumbuhkan kecintaan dan kasih sayang rakyat kepada TNI AD.

7) Tingkatkan sinergitas dengan Pemerintah, Polri dan Komponen Bangsa lainnya dalam rangka menyukseskan program Pemerintah

Dipimpin Pangdam V Brawijaya, bertindak sebagai Komandan apel adalah Dandim 0833/Kota Malang. Hadir dalam Apel Gelar Danrindam V/Brw, Para Asisten Kasdam V/Brw, Para Kabalakdam V/Brw wilayah Malang Raya, serta Kol Inf Yudhi Prasetiyo yang besok akan dilantik sebagai Danrem 083/Bdj mengantikan Kol Inf Irwan Subekti.  (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES