Pendidikan

Di Bawah UGM dan UI, UB Peringkat 3 PTN Terbaik Versi UniRank

Jumat, 28 Januari 2022 - 14:39 | 64.64k
Universitas Brawijaya (UB). (FOTO: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)
Universitas Brawijaya (UB). (FOTO: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Universitas Brawijaya (UB) meraih peringkat ketiga nasional dalam lembaga pemeringkatan internasional 2021 Indonesian University Ranking (UniRank). UB berada di bawah Universitas Gadjah Mada (UGM) yang meraih peringkat pertama, dan Universitas Indonesia (UI) menduduki peringkat kedua.

Peringkat ini dirilis pada bulan Juli 2021 di situs 4icu.org. Sementara itu untuk tingkat Asia, UB menduduki ranking 42 Top Universities in Asia.

UniRank, sebelumnya 4ICU, menggunakan algoritma dari lima metrik web, yaitu Google Page Rank, Alexa Traffic Rank, Majestic Seo Referring Domains, Majestic Seo Citation Flow, dan Majestic Seo Trust Flow dalam melakukan pemeringkatan secara umum.

UniRank memiliki syarat agar perguruan tinggi dapat diranking yaitu, terakreditasi oleh badan akreditasi pendidikan tinggi yang resmi, memiliki program gelar sarjana dan pascasarjana, serta memiliki perkuliahan utama dalam bentuk tatap muka.

"4ICU ini merupakan situs pemeringkatan perguruan tinggi internasional berbasis traffic web atau berbasis web metrics, jadi bisa dikatakan ini merupakan ranking website perguruan tinggi yang tidak secara langsung menggambarkan kualitas akademiknya," kata Ketua Pusat Pemeringkatan UB Adharul Muttaqin, ST, MT.

Sebelumnya, pada pemeringkatan internasional Times Higher Education World University Rankings (THE WUR), UB menduduki peringkat 1201+ dunia, dan keenam di Indonesia.

Peringkat ini berdasarkan academic reputation, employer reputation, faculty student ratio, citations per faculty, international faculty, dan international students

Sementara itu pada pemeringkatan internasional Webometrics, UB berada di peringkat 4 nasional berdasarkan tiga indikator, yaitu web content impact atau visibility, openness atau transparency, dan excellence atau scholar.

Dan 10 perguruan tinggi terbaik se-Asia versi UniRank berturut-turut adalah UGM, UI, UB, UNAIR, UPI, UNY, IPB, UNDIP, UNPAD dan UNNES. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES