Gaya Hidup

Glow Worm Caves, Gua dengan Lampu Alami Terbuat Dari Cacing

Jumat, 28 Januari 2022 - 05:05 | 166.42k
Warna biru lampu dari cacing di Glow Worm Caves. (Foto: Wallpaperflare)
Warna biru lampu dari cacing di Glow Worm Caves. (Foto: Wallpaperflare)

TIMESINDONESIA, JAKARTASelandia Baru cukup terkenal akan keindahan alamnya. tempat alami yang mempesona tersebut kerap kali membuat para wisatawan tertarik untuk mengunjunginya. Ada sebuah gua yang terbilang cukup unik dan indah secara bersamaan yaitu Glow Worm Caves.

Glow Worm Caves terletak di provinsi Waitomo, Selandia Utara. Di gua-gua ini para wisatawan dapat menikmati pemandangan indah lampu temaram berwarna biru yang nyatanya merupakan cacing yang dibadannya mengandung ATP (Adenosin tripospat).

Gua ini berjarak sekitar 200 kilometer dari Auckland atau 2,5 jam perjalanan jika ditempuh dengan kendaraan bermotor. Namun lamanya perjalanan akan terbayar setelah anda sampai di gua dengan cahaya alami yang terbuat dari cacing ini.

Terdapat beberapa gua yang akan dikunjungi di glow Worm Caves. Namun yang paling terkenal adalah Waitomo Glowworm Caves atau Gua Waitomo, Ruakuri Cave atau Gua Ruakuri, dan Aranui Cave atau Gua Aranui.

Cacing yang menghuni Glow Worm Caves dikenal sebagai Arachnocampa Luminosa. Gua ini pertama kali ditemukan oleh Tane Tinorau selaku kepala suku Maori dan Fred Mace dari Inggris pada tahun 1887. Kemudian pada tahun 2005, gua ini baru dibuka untuk umum.

Ada aturan ketat saat anda memasuki gua ini. Anda tak boleh sembarangan memotret karena cahaya dapat mempengaruhi jumlah populasi cacing. Anda juga hanya akan dibekali penerangan temaram dari lampu gua yang hanya akan dinyalakan saat pengunjung datang.

Hal ini untuk menjaga populasi cacing tersebut. Anda juga dilarang menyentuh dinding gua demi menjaga keberlangsungan stalagtit dan stalagmit.

Harga tiket untuk Glow Worm Caves dibanderol seharga NZD 94 atau setara dengan harga Rp.901 K untuk orang dewasa. Sedangkan untuk anak-anak dibanderol seharga NZD 35 atau setara dengan harga Rp. 335 K. dengan tiket tersebut anda akan dibawa berkeliling gua Waitomo dan Ruakuri selama 3 jam. Bagaimana? Anda tertarik?.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES