Peristiwa Daerah

Soal Izin Pertambangan, Bupati Morowali Mengaku Tandatangannya Dipalsukan

Kamis, 27 Januari 2022 - 18:53 | 37.93k
Bupati Morowali Taslim. (FOTO : Dokumen pribadi Bupati Morowali for Times Indonesia).
Bupati Morowali Taslim. (FOTO : Dokumen pribadi Bupati Morowali for Times Indonesia).

TIMESINDONESIA, MOROWALIBupati Morowali, Sulawesi Tengah, Taslim, menegaskan bahwa tidak benar dirinya menandatangani surat penyerahan Izin Usaha Pertambangan (IUP) Operasi Produksi (OP) yang diajukan lima perusahaan perusahaan pertambangan  kepada Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng).

"Saya selaku Bupati Morowali tidak pernah menandatangani atau mengeluarkan lima surat penyerahan IUP OP tersebut. Oleh karena itu saya keberatan dan sudah melayangkan surat kepada gubernur mengklarifikasi bahwa surat tersebut tidak benar dari saya dan tanda tangan yang dibubuhkan di lima surat itu dipalsukan," tegasnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis, (27/1/2021).

Bupati juga menjelaskan bahwa lima surat penyerahan IUP OP itu tidak masuk dalam buku register Pemerintah Kabupaten Morowali.

Menindaki hal tersebut Bupati melalui Kabag Hukum Bahdin Baid Pemda Morowali telah melakukan upaya hukum melaporkan hal itu kepada Polres Morowali untuk mencari keadilan.

"Pada Senin 24 Januari 2022, Bahdin Baid telah membuat laporan polisi. Dengan Surat Tanda Penerimaan Laporan Polisi Nomor STPL/20/I/2022/SPKT/Res Morowali/Polda Sulteng," ungkapnya.

Dihubungi terpisah, Kapolres Morowali AKBP Ardi Rahananto membenarkan ada laporan pengaduan dugaan pemalsuan surat Bupati Morowali terkait izin usaha pertambangan (IUP) oleh lima perusahaan tambang.

Ardi menyatakan pihaknya akan memproses laporan Bupati Morowali tersebut sesuai dengan prosedur yang berlaku. "Untuk prosesnya sesuai dengan mekanisme yang ada di satuan reskrim,” ungkapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES