Ekonomi

BUMDes Sokawera Pubalingga Kembangkan Kuliner Unggulan Ayam Ungkep

Kamis, 27 Januari 2022 - 17:53 | 48.98k
Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon MM melakukan peletakan batu pertama pembangunan Rumah Makan Srotong. (FOTO : Humas Pemkab Purbalingga For TIMES Indonesia)
Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon MM melakukan peletakan batu pertama pembangunan Rumah Makan Srotong. (FOTO : Humas Pemkab Purbalingga For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PURBALINGGA – Keberadaan Rumah Makan Srotong milik BUMDes Mutiara Soka Desa Sokawera, Kecamatan Padamara, Kabupaten Purbalingga bakal terwujud.

Hal ini ditandai dengan peletakan peletakan batu pertama pembangunan oleh Bupati, Wakil Bupati, Ketua DPRD dan jajaran pejabat Purbalingga, Kamis (27/1/2022)

Rumah makan ini dibangun menggunakan Dana Desa (DD) sebesar Rp 275 juta. 

Purbalingga Dyah Hayuning b

Kepala Desa Sokawera, Badrun SE menyampaikan, rumah makan ini akan menyajikan produk kuliner unggulan ayam ungkep khas Desa Sokawera.

"Bisnis kuliner ayam ungkep dari Bumdes ini sudah berjalan sebelumnya, kami menjualnya dengan cara delivery order," katanya. 

Dijelaskan, rumah makan ini merupakan inovasi sebagai tempat untuk menyuguhkan beberapa menu yang disajikan kepada masyarakat sekaligus sebagai tempat yang bisa digunakan untuk berbagai penyelenggaraan kegiatan.

Pembangunan rumah makan yang diberi nama 'Srotong' ini ditargetkan selesai dalam dua bulan ke depan.

Badrun menambahkan, BUMDes Mutiara Soka Desa Sokawera terdiri dari berbagai unit usaha, diantaranya produksi kuliner Ayam Ungkep, Internet Moka, Beras Soka dan berbagai jenis produk UMKM.

Purbalingga Dyah Hayuning c

Pada rangkaian acara Gerakan Bersama Rakyat (Gebrak) Gotong-royong ini, juga diluncurkan program Desa Mandiri Internet dari Bumdes Mutiara Soka. Yakni bisnis layanan WiFi internet kepada masyarakat.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon MM menyampaikan, pemanfaatan DD tahun 2022 memiliki porsi 32% untuk digunakan berbagai pembangunan desa salah satunya pengembangan BUMDes. Bupati Purbalingga mengajak agar desa mulai berpikir kreatif untuk memanfaatkan potensi dan untuk menambah pendapatan asli desa. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES