Peristiwa Nasional

Era Revolusi 4.0, Polri Rekrut Ribuan Personel Berkemampuan Teknologi Informasi

Kamis, 27 Januari 2022 - 17:44 | 41.36k
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (FOTO: Mabes Polri)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (FOTO: Mabes Polri)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menghadapi tantangan era revolusi 4.0 dan society 5.0, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) merekrut sebanyak 1.291 personel Bintara yang memiliki kopetensi khusus teknologi informasi.

Kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, aparat kepolisian harus mampu memanfaatkan teknologi digital dan terus meningkatkan kemampuan dalam memberikan pelayanan dan jaminan rasa aman kepada masyarakat. 

"Untuk menjawab tantangan itu, Polri merekrut 1.291 orang Bintara Kompetensi Khusus Teknologi Informasi," ucap Kapolri dalam keterangan resmi kepada TIMES Indonesia, Jakarta, Kamis (27/1/2022). 

Selain Bintara, Polri juga telah merekrut puluhan santri dan ratusan anak dari wilayah pedalaman, perbatasan, dan pulau terpencil sebagai bagian dari personel Polri. 

“Di tahun 2021, Polri telah merekrut 83 lulusan santri, 56 di antara merupakan hafidz Quran. Kami juga merekrut 410 personel yang berasal dari suku pedalaman, wilayah perbatasan dan pulau terpencil,” ungkapnya. 

Selain itu, Polri juga telah merekrut 3.500 personel dari orang asli Papua (OAP) dan merekrut 21 personel berkebutuhan khusus untuk menjadi PNS Polri. “Rekrutmen ini menjadikan Polri sebagai organisasi yang inklusif bagi seluruh masyarakat,” ujarnya. 

Tak hanya itu, Polri di bawah Jenderal Sigit juga telah merekrut 201 SIPSS khusus dokter dan 250 Bintara kompetensi khusus perawat dan bidan untuk menambah petugas pelayanan kesehatan dan petugas vaksinator.

Sebagai wujud kepedulian memberikan pelayanan yang humanis kepada masyarakat tanpa terkecuali, Polri telah menyediakan fasilitas penunjang terhadap kelompok rentan dan disabilitas di kantor-kantor Polri di tingkat daerah.

Berbagai fasilitas itu meliputi, sebanyak 1.975 ruang ramah anak,  2.604 unit tenda khusus disabilitas, 1.250 unit elevator handrail, 2.582 jalur khusus disabilitas, 2.028 unit parkir khusus disabilitas, 236 ruang laktasi, 1716 toilet khusus disabilitas dan kursi roda sebanyak 2.384 unit.

"Kehadiran fasilitas ini merupakan peningkatan kualitas pelayanan publik, dan Polri yang Presisi (prediktif, responsibilitas, transparansi, berkeadilan)," demikian Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo terkait rekrutmen personel Bintara yang memiliki kopetensi khusus teknologi informasi hadapi era revolusi 4.0 dan society 5.0.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES