Peristiwa Daerah

Alhamdulillah, Kini Jombang Punya Galeri Cagar Budaya

Kamis, 27 Januari 2022 - 17:30 | 60.71k
Salah satu pengunjung yang sedang melihat koleksi dari Galeri Cagar Budaya Jombang yang ada di Disdikbud Jombang, Kamis (27/1/2022). (FOTO : Rohmadi/TIMES Indonesia)
Salah satu pengunjung yang sedang melihat koleksi dari Galeri Cagar Budaya Jombang yang ada di Disdikbud Jombang, Kamis (27/1/2022). (FOTO : Rohmadi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JOMBANG – Kini keinginan masyarakat Jombang untuk mengetahui sejarah yang ada di kota santri sedikit bisa terpenuh. Pasalnya, kini sudah berdiri Galeri Cagar Budaya di Kabupaten Jombang.

Salah satu gedung yang terletak di kawasan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang telah diresmikan oleh Bupati Jombang Mundjidah Wahab sebagai Galeri Cagar Budaya, Kamis (27/1/2022).

Dian Yunita Sari, Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jombang mengatakan terbentuknya Galeri Cagar Budaya ini merupakan salah satu embrio yang baik agar Jombang segera mempunyai Gedung Kesenian dan Kebudayaan tersendiri.

Mundjidah-Wahab.jpg

Bupati Jombang Mundjidah Wahab saat menandatangani prasasti berdirinya Galeri (FOTO : Rohmadi/TIMES Indonesia)

Menurutnya, Galeri Cagar Budaya ini merupakan museum mini cagar budaya yang mampu menjadi sarana ruang informasi dan edukasi bagi masyarakat Jombang khususnya.

"Terbuka untuk umum baik siswa atau masyarakat. Jadi benda-benda bersejarah yang berasal dari bisa dinikmati anak cucu kita kelak," ujar Dian kepada TIMES Indonesia, Kamis (27/1/2022).

Dari data yang dirangkum oleh Disdikbud Jombang ada sekitar 730-an kantong kesenian dan kebudayaan yang harus dilestarikan serta dijaga agar tidak punah.

Dengan adanya Galeri Cagar Budaya ini juga berfungsi sebagai salah satu upaya penyelamatan, pengembangan, dan pemanfaatan cagar budaya yang ada di Kabupaten Jombang.

Mundjidah-Wahab-2.jpg

"Benda-benda cagar budaya yang ditemukan dan diselamatkan yang berasal dari Jombang seperti arca, keramik, dan lainnya. Sekarang sudah ada di Galeri Cagar Budaya dan bisa dinikmati bersama," jelasnya.

Kini, dengan sudah terbentuknya Galeri Cagar Budaya, pihaknya berharap Jombang segera mempunyai museum daerah yang representatif.

Sementara itu, Mundjidah Wahab Bupati Jombang berharap diresmikannya Galeri Cagar Budaya mampu menjadi daya tarik masyarakat untuk belajar sejarah dan kebudayaan yang ada di Jombang.

Menurutnya letak geografi Kabupaten Jombang yang dulunya bergabung dengan Mojokerto yang merupakan bagian dari kerjaan Majapahit tentu mempunyai daya tarik dan sejarah yang banyak untuk digali.

"Semoga kedepan kami bisa membuat sebuah museum Cagar Budaya. Sehingga kedepan Jombang juga mempunyai wisata sejarah," harap Mundjidah Wahab. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES