Peristiwa Internasional

Buku 'Hujan Bulan Juni' Karya Sapardi Djoko Damono Terbit di Rusia

Kamis, 27 Januari 2022 - 13:38 | 78.00k
Sapardi Djoko Damono saat masih hidupnya. (FOTO: Dok Gramedia)
Sapardi Djoko Damono saat masih hidupnya. (FOTO: Dok Gramedia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – "Menulislah, maka engkau akan abadi". Kalimat itu benar adanya. Meski fisiknya terkubur dalam, ruhnya berada di dimensi yang lain. Karya Sapardi Djoko Damono sampai saat ini masih dinikmati banyak orang.

Terbaru ini, salah satu bukunya berjudul "Hujan Bulan Juni" terbit di Rusia. Buku puisi yang diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama atau GPU 2014 itu mampu mengharumkan nama Indonesia di Industri perbukuan Internasional.

Buku puisi tersebut diterbitkan oleh Vodolei di Rusia melalui pameran buku internasional yang dihadiri oleh Gramedia Internasional. Editor senior Sastra Gramedia Utama, Mirna Yulistiati pun mengaku bangga dengan hal itu.

Hujan-bulan-huni.jpg

"Saya bangga sekali melihat kumpulan puisi Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono tebit di Rusia," katanya dalam keterangan resminya Kamis (27/1/2022).

Ia menjelaskan, ini pertama kalinya buku Gramedia Pustaka Utama terbit dalam bahasa Rusia melalui Gramedia Internasional.

"Selama ini penerjemah kebanyakan ke dalam bahasa Inggris, Prancis dan Jerman. Maka sudah saatnya pintu-pintu terjemahan ke bahasa lain kita buka," ujarnya.

Sekedar diketahui, di dunia kesastraan Indonesia, Sapardi kerap dipandang sebagai sastrawan angkatan 1970-an. Ia dikenal melalui berbagai puisinya mengenai hal-hal sederhana namun penuh makna.

Semasa hidupnya, Sapardi Djoko Damono sudah banyak menerima penghargaan. Di antaranya adalah Cultural Award (Australia, 1978), Anugerah Puisi Putra (Malaysia, 1983), SEA Write Award (Thailand, 1986), Anugerah Seni Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (1990), Kalyana Kretya dari Menristek RI (1996), Achmad Bakrie Award (Indonesia, 2003), dan ASEAN Book Award (2018). (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES