Peristiwa

Ozzie, Gorila Tertua di Dunia Mati di Usia 61 Tahun

Kamis, 27 Januari 2022 - 09:21 | 61.26k
Ozzie, Gorilla tertua yang meninggal di usia 61 tahun. (Foto: CNN)
Ozzie, Gorilla tertua yang meninggal di usia 61 tahun. (Foto: CNN)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pernahkah anda bertanya-tanya berapa usia tertua yang bisa dicapai oleh seekor gorila? Ozzie, gorila tertua di dunia ditemukan tak bernyawa di kandangnya di Kebun Binatang Atlanta atau Atlanta Zoo, Georgia, AS. Saat meninggal gorila ini dinyatakan berusia 61 tahun.

Penyebab kematian gorila dengan berat sekitar 125 kg belum diketahui. Namun seminggu terakhir Ozzie memang menuunjukkan gelaja penurunan nafsu makan. Petugas kebun binatang pun sudah berusaha sekuat tenaga mereka untuk mengembalikan nafsu makan ozzie dengan segala cara.

"Selama 24 jam terakhir kami berjibaku dengan gejala yang muncul pada tubuh Ozzie seperti wajah membengkak, tubuh lemah, dan tak bisa makan dan minum," ungkap pihak kebun binatang melalui rilis seperti dilansir dari CNN.

Hal ini tentunya merupakan kejadian yang menyesakkan bagi kebun binatang Atlanta. Pasalnya, sehari sebelumnya, teman sekamar Ozzie, Choomba yang berumur 59 tahun juga meninggal setelah diputuskan untuk disuntik mati karena buruknya kondisi kesehatannya. Keduanya sudah berada di kandang yang sama selam 15 tahun.

Ozzie sendiri merupakan gorila terakhir yang masih bisa bertahan setelah dipindah dari hutan Afrika. Namun kini setidaknya Ozzie sudah memiliki 20 ekor penerus. 7 dari anak, cucu, serta cicitnya berada di kebun binatang Atlanta juga. Sisanya dikirim ke beberapa kebun binatang di AS dan Canada.

WWF mengkategorikan Ozzie dan gorila sejenisnya dalam kategori hewan yang terancam punah. Diketahui, dalam kurun waktu 25 tahun terakhir setidaknya ada 60 persen penurunan jumlah populasi mereka. Hal ini utamanya disebabkan oleh perburuan liar serta rusaknya habitat asli. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES