Peristiwa Daerah

Muktamar NWDI Dipastikan Bakal Dibuka Presiden RI Jokowi

Rabu, 26 Januari 2022 - 23:02 | 129.80k
Suasana acara konferensi pers terkait pelaksanaan Muktamar NWDI yang akan dibuka oleh Presiden RI Jokowi.(Foto: Humas NWDI)
Suasana acara konferensi pers terkait pelaksanaan Muktamar NWDI yang akan dibuka oleh Presiden RI Jokowi.(Foto: Humas NWDI)

TIMESINDONESIA, MATARAMPresiden RI Jokowi (Joko Widodo) dipastikan bakal membuka Muktamar NWDI (Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah) di YPH Pondok Pesantren Darunnahdlatain NWDI Pancor, Lombok Timur, Provinsi NTB.

"Muktamar pertama NWDI ini akan dibuka oleh Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo dan dihadiri beberapa menteri Kabinet Indonesia Maju. Seperti Mendikbud RI, Menteri Agama, Menteri BUMN, Menteri Pariwitasata dan Ekonomi Kreatif. Turut diundang pula Pengurus Besar Ormas Islam Indonesia yang terhimpun dalam LPOI," ungkap Ketua Panitia Muktamar NWDI Irzani, dalam konferensi pers di Mataram, Rabu (26/1/2022) sore.

Irzani menyampaikan bahwa muktamar ke-1 NWDI mengangkat tema 'khidmat kepada ummat, bangun Indonesia maju' dan akan diselenggarakan pada 29-31 Januari 2022.

"Untuk para nahdliyyin & nahdliyyat yang akan menyemarakkan muktamar berjumlah 1.244 orang peserta dari 27 Provinsi di Indonesia dan 4 negara perwakilan khusus Arab Saudi, Mesir, Yaman dan Malaysia," paparnya.

"Peserta muktamar berasal dari utusan; pengurus besar, pengurus wilayah, pengurus daerah, pengurus cabang, pengurus perwakilan dan pimpinan pusat badan otonom. Sedangkan peninjau muktamar berasal dari pimpinan pesantren, cendikiawan dan tokoh agama dan masyarakat yang diundang khusus," imbuh Irzani.

Mengenai materi pembahasan Muktamar ke-1 NWDI, Irzani menjelaskan, diantaranya adalah mulai dari masalah-masalah keagamaan (Al Bayanat Addiniyah),  perubahan Angggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga hingga menyusun garis besar program NWDI lima tahun kedepan.

"Termasuk nanti juga yang dibahas dalam muktamar ini adalah menyusun rekomendasi terkait pergerakan dan kontribusi NWDI untuk kemaslahatan bangsa serta pemilihan Rais ‘Am dan Ketua Umum Pengurus Besar NWDI," jelasnya.

Irzani memastikan acara muktamar yang dilaksanakan saat pandemi ini akan menerapkan protokol kesehatan secara ketat karena bagian dari komitmen bersama untuk menjaga dari penularan Covid-19.

"Muktamar NWDI yang akan dibuka oleh Presiden RI Jokowi ini dilaksanakan dengan model Hybrid. Untuk offline di Pancor dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat dan online melalaui platform zoom meeting," katanya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES