Peristiwa Daerah

Wisata Kuliner Akan Hadir di Kecamatan Jamanis Kabupaten Tasikmalaya

Rabu, 26 Januari 2022 - 22:55 | 68.83k
Kepala Desa Tanjungmekar Kecamatan Jamanis Kabupaten Tasikmalaya, Ade Lukmanul Hakim, saat diwawancarai wartawan. (Foto: Anton/ TIMES Indonesia)
Kepala Desa Tanjungmekar Kecamatan Jamanis Kabupaten Tasikmalaya, Ade Lukmanul Hakim, saat diwawancarai wartawan. (Foto: Anton/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, TASIKMALAYA – Kepala Desa Tanjungmekar Kecamatan Jamanis Kabupaten Tasikmalaya, Ade Lukmanul Hakim, mengungkapkan akan mendirikan pusat wistaa kuliner

"Dengan luas tanah sekitar 170 bata,yang status tanah milik Desa," ucap Ade Lukmanul Hakim,di kantornya, kepada TIMES Indonesia, Rabu (26/1/2022)

Ade menyebutkan, wisata kuliner tersebut bertujuan untuk membangkitkan potensi-potensi warga Desa Tanjungmekar, menuju kemandirian. Agar masyarakat bisa berdaya saing dalam bidang kuliner, yang lokasinya nanti di Kampung Muara.

"Rencananya wisata kuliner itu berbentuk makanan olahan seperti, rengginang, rangin, opak, citruk, ada juga seperti karedok, tongseng dan lain lain. Untuk kios yang disiapkan 60 sampai 70 dengan ukuran 3 x 3 meter, sistem sewa," ujarnya.

Ade mengatakan anggaran akan diupayakan ke pusat atau provinsi dan diperkirakan membutuhkan dana Rp500 jutaan. 

"Paling minim dengan bangunan sederhana, karena berkaitan dengan luas area yang lumayan luas. Nantinya yang menempati kios-kios diutamakan khususnya untuk warga Tanjungmekar. Bangunan akan di desain khas daerah," ungkapnya.

Ade mengaku, alasan memilih wisata kuliner dengan melihat potensi masyarakat yang ada, jadi punya keterampilan mereka bisa menghasilkan uang demi menciptakan kesejahteraan mereka sendiri.

"Wacanan ini sudah lama dari periode pertama sebagai Kades, namun anggaran belum ada dan apalagi sekarang pandemi covid-19," jelasnya. 

Ia berharap pusat wisata kuliner tersebut di tahun ini bisa terealisasi dan mudah mudahan tidak ada kendala serta juga dapat bantuan dari pusat atau provinsi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES