Peristiwa Daerah

Gelar PTM, PKBM Mandiri Usung Konsep Merdeka Belajar

Rabu, 26 Januari 2022 - 12:22 | 37.80k
Proses pembelajaran di ruang perpustakaan PKBM Mandiri sebagai salah satu pelaksanaan konsep merdeka belajar. (Foto: Totok Hidayat/TIMES Indonesia)
Proses pembelajaran di ruang perpustakaan PKBM Mandiri sebagai salah satu pelaksanaan konsep merdeka belajar. (Foto: Totok Hidayat/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Menindaklanjuti instruksi pemerintah, agar segera menggelar Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Untuk menghindari fenomena loss education sebagai dampak pandemi. Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Mandiri mulai menggelar PTM untuk semester genap. Kegiatan PTM mulai digelar Senin 17 Januari 2022. 

Untuk dapat menggelar PTM, pengelola PKBM Mandiri sudah memenuhi beberapa persyaratan. Seperti semua guru, karyawan dan siswa sudah mendapat vaksin. Menyediakan perlengkapan untuk cuci tangan. Serta penataan ruang kelas yang memenuhi syarat untuk menjaga jarak.

Ketua pengelola PKBM Mandiri Yuli Sutanto menjelaskan, pelaksanaan PTM di PKBM Mandiri mengusung konsep merdeka belajar. Sehingga tidak semua peserta didik wajib mengikuti pelajaran di kelas. Bagi peserta didik yang tidak dapat mengikuti pembelajaran di kelas. Dapat mengikuti pembelajaran lewat aplikasi seTARA daring. 

Aplikasi yang diluncurkan pemerintah sejak tahun 2016. Sudah menyediakan berbagai fitur yang mendukung proses pembelajaran. Mulai dari modul, materi yang ditulis oleh tutor hingga media tanya jawab. Sehingga materi yang diperoleh sama seperti mengikuti PTM. Terbukti kualitas lulusan PKBM tida kalah dengan sekolah formal. 

Penerapan konsep merdeka belajar juga dilakukan dengan menggelar PTM diluar kelas. Seperti di ruang perpustakaan, teras hingga loby. Dengan rombongan belajar kecil, interaksi antara tutor dengan peserta didik lebih intens. Sehingga transformasi ilmu akan berjalan lebih maksimal. 

"Langkah ini mendukung kebijakan Kementerian Pendidikan Nasional Riset dan Teknologi"tegas Yuli Sutanto di ruang kerjanya Rabu (26/1/2022). 

Nurcholis salah satu peserta didik kelas 10 mengaku, lebih suka dengan konsep yang ditawarkan PKBM Mandiri. Karena memiliki banyak keunggulan, dibanding sistim lainnya. Dibanding sistim online konsep ini lebih efektif dalam transfer ilmu. Tetapi lebih fleksibel dibanding sistim pendidikan formal.  (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES