Peristiwa Internasional

Jet Tempur F-35C AS Jatuh ke Laut China Selatan Saat akan Mendarat di Kapal Induk

Rabu, 26 Januari 2022 - 11:37 | 82.41k
Jet tempur F-35C Lightning IIs saat lepas landas dari kapal induk Carl Vinson,  (22/2/2022). (foto: Seaman Larissa T. Dougherty/ U.S. Navy)
Jet tempur F-35C Lightning IIs saat lepas landas dari kapal induk Carl Vinson, (22/2/2022). (foto: Seaman Larissa T. Dougherty/ U.S. Navy)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dalam dua bulan ini, dua jet tempur canggih dan sangat mahal yakni seharga Rp 1,5 triliun,  F-35C jatuh ke laut, dan terbaru jatuh di Laut China Selatan, katena gagal mendarat di kapal induk USS Carl Vinson, Selasa (25/1/2022).

"Saya dapat memastikan bahwa pesawat itu menabrak dek penerbangan saat mendarat dan kemudian jatuh ke air," kata Letnan Nicholas Lingo, juru bicara Armada Ketujuh Amerika Serikat seperti dilansir Al Jazeera.

November 2021 lalu, sebuah pesawat temput F-35 dari kapal induk Inggris, HMS Ratu Elizabeth juga jatuh ke Laut Mediterania, dan pilotnya berhasil terlontar dan selamat kembali ke kapal. Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan bahwa pesawat itu kemudian ditemukan.

Saat ini, Angkatan Laut Amerika Serikat sedang berusaha keras menemukan kembali  jet tempur F-35C yang jatuh ke Laut Cina Selatan itu.

Akibat peristiwa itu, tujuh personil Angkatan Laut di kapal induk USS Carl Vinson terluka, termasuk sang pilot yang berhasil melontarkan diri itu.

Insiden F-35C hari Senin itu terjadi ketika dua Grup Kapal Induk, yang dipimpin oleh USS Carl Vinson dan USS Abraham Lincoln, dengan lebih dari 14.000 pelaut dan marinir, sedang melakukan latihan di Laut Cina Selatan.

Militer mengatakan latihan militer itu untuk menunjukkan kemampuan Pasukan Gabungan Komando Indo-Pasifik Amerika Serikat untuk menunjukkan kekuatan maritim yang kuat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES