Peristiwa Daerah

Festival Sepekan Ngopi, Strategi Kembangkan Kopi Robusta Kalibaru Banyuwangi

Rabu, 26 Januari 2022 - 11:26 | 67.45k
Festival Sepekan Ngopi di Wisata Alam Banyuanyar, Kalibaru Banyuwangi (FOTO: Hafid Nurhabibi/TIMES Indonesia)
Festival Sepekan Ngopi di Wisata Alam Banyuanyar, Kalibaru Banyuwangi (FOTO: Hafid Nurhabibi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGIFestival Sepekan Ngopi telah sukses digelar sepekan tarakhir mulai Senin (17/1/2022) lalu. Bukan sekedar acara belaka, namun agenda tersebut memiliki misi tersendiri dalam pengembangan dan pengelolaan kopi robusta asli Kalibaru, Banyuwangi, Jawa Timur.

Dalam Festival Sepekan Ngopi, para petani juga diberi edukasi untuk lebih produktif mengelola komoditas kopi agar memiliki kualitas terbaik sebagai modal mengenalkan Kopi Kalibaru secara nasional hingga internasional.

Festival-Sepekan-Ngopi-di-Wisata-Alam-Banyuanyar-2.jpg

"Kopi Kalibaru dengan kuantitas dan kualitas yang dihasilkan sudah bagus dan sangat besar, jadi untuk merangsang SDM pertanian, kami gelar Festival ini untuk bisa lebih baik lagi membangun pertanian Indonesia," kata salah satu pegiat kopi perempuan, Khotijah, Rabu (26/1/2022).

Turut hadir dalam agenda yang diselenggarakan di lokasi Wisata Alam Banyuanyar, Kalibaru Anggota DPRD Banyuwangi, Syamsul Arifin dan Abdul Ghofur, serta jajaran Pemerintah Daerah, Forkopimka Kalibaru, dan segenap Pokdarwis yang terdiri dari beberapa kecamatan sekitar.

Uniknya, siapapun yang berkunjung di sana, dapat servis Ngopi gratis yang disediakan oleh The Maharadja  Kalibaroe, Asosiasi Petani Kopi Kalibaru, Coffe Excotix dan Coffee Legend.

Festival-Sepekan-Ngopi-di-Wisata-Alam-Banyuanyar-3.jpg

Sementara itu, Anggota DPRD Banyuwangi, Abdul Ghofur mengapresiasi adanya Festival Sepekan Ngopi ini, menurutnya cara ini masif untuk mendongkrak sektor industri kopi Kalibaru agar mendunia.

"Oleh karenanya, amat penting bagi Pemerintah Daerah untuk memberikan apresiasi kepada petani dan pegiat kopi yang telah berkontribusi dan berprestasi dalam rangka meningkatkan produksi pangan dan ekspor pertanian yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara luas," ujar Mas Ghofur.

Untuk diketahui, Festival Sepekan Ngopi ini mendukung Kecamatan Kalibaru sebagai wilayah penyumbang ketersediaan komoditas kopi di daerah. Sebab, Kalibaru sendiri memiliki segudang potensi dalam dunia perkopian nusantara, terutama kopi jenis robusta yang memiliki cita rasa lebih kuat dan siap memanjakan para pecinta kopi semua kalangan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES