Glutera News

10 Penyebab Anda Gampang Sakit

Rabu, 26 Januari 2022 - 10:10 | 290.67k
Image: Glutera for Times Indonesia
Image: Glutera for Times Indonesia

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tubuh sering sakit-sakitan bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari lemahnya daya tahan tubuh atau seringnya terpapar kuman, virus, atau parasit. Hal ini bisa disebabkan gaya hidup yang kurang sehat, lingkungan hidup yang tidak higienis, hingga gangguan kesehatan tertentu.

Berbagai jenis kuman, virus, dan parasit dapat menyebabkan infeksi pada tubuh, sehingga membuat tubuh sakit-sakitan. Namun untuk menanggulanginya, tubuh sebetulnya memiliki sistem pertahanan alami yang disebut dengan sistem kekebalan tubuh.

Penyebab tubuh gampang sakit-sakitan 

Bagi orang yang gampang sakit, mungkin tidak ada hari yang dilalui tanpa merasakan berbagai keluhan dan gejala yang mengganggu. Sakit kepala, batuk, bersin, lemas atau lesu mungkin menjadi hal yang biasa. Untuk mengatasinya, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa yang menjadi penyebabnya.Ada beberapa penyebab seseorang gampang sakit yang perlu Anda ketahui, seperti:

1. Kekurangan nutrisi

Asupan makanan bergizi seimbang menjadi faktor penting dalam menjaga kesehatan seseorang. Di dalam makanan terdapat berbagai nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh agar dapat terus berfungsi dengan baik, termasuk memperkuat imun tubuh. Kekurangan antioksidan glutathione, vitamin A, B, C, D, E, nitric-oxide telah sering dikaitkan dengan ketahanan tubuh. Kekurangan vitamin A, B, C, D, E akan membuat imun tubuh lemah, sementara vitamin A, B, C, D, E  yang cukup dapat menurunkan risiko seseorang terkena infeksi saluran pernapasan akut.

2. Kurang tidur

Penyebab gampang sakit yang satu ini kerap diremehkan, padahal kurang tidur adalah salah satu kebiasaan buruk yang bisa memicu berbagai penyakit. Ketika tidur, tubuh akan melakukan berbagai pemulihan. Sistem kekebalan akan melepaskan sitokin yang membantu melawan peradangan dan penyakit. Jika kurang tidur, maka kemampuan alami tubuh untuk melawan infeksi dan virus akan menurun. Kurang tidur dalam jangka panjang dapat meningkatkan risiko penyakit berbahaya seperti masalah kardiovaskular, obesitas, dan diabetes.

3. Dehidrasi

Tubuh terdiri dari 60% cairan. Agar tetap berfungsi dengan baik, maka tubuh memerlukan asupan cairan yang memadai. Kekurangan cairan bisa menjadi penyebab gampang sakit, karena penyaluran berbagai nutrisi penting bisa terhambat demikian juga hidrasi pada berbagai organ dan jaringan.Saat kurang cairan, Anda akan merasakan gejala-gejala seperti nyeri badan, lemas, sakit kepala, dan konstipasi.

4. Kurang olah-raga

Rutin berolahraga setiap hari berfungsi untuk menjaga keseimbangan antara energi yang masuk dan yang dikeluarkan tubuh. Orang dewasa dianjurkan untuk berolahraga dengan intensitas sedang setidaknya selama 150 menit dalam seminggu atau olahraga dengan intensitas tinggi selama 75 menit seminggu.

5. Stres kronis

Tak hanya kondisi fisik, menurunnya kondisi mental juga bisa menjadi penyebab Anda gampang sakit. Stres yang kronis atau berkepanjangan dapat memicu berbagai gangguan kesehatan mulai dari sakit kepala, kelelahan, infeksi berulang, penyakit jantung hingga depresi.Tubuh yang menerima terlalu banyak stres juga akan mudah lelah, sulit tidur, dan mengalami gangguan pencernaan.

6. Kebersihan tangan yang tidak terjaga

Setiap hari tangan bersentuhan dengan berbagai permukaan yang terdapat kuman. Jika tidak sering mencuci tangan, maka saat tangan menyentuh wajah, bibir, atau makanan, akan menjadi jalan penyebaran infeksi penyakit. Hal ini bisa menjadi penyebab gampang sakit jika Anda berkali-kali terinfeksi dari tangan yang kotor.

7. Kesehatan mulut yang buruk

Penyebab gampang sakit juga bisa berkaitan dengan kesehatan mulut yang buruk. Gigi dan mulut adalah tempat dimana bakteri baik dan jahat berkembang. Kesehatan mulut yang buruk dapat menyebabkan bakteri berbahaya tumbuh di luar kendali. Hal ini bisa menyebabkan peradangan dan gangguan kesehatan di bagian tubuh lainnya.

8. Gangguan kecemasan

Gangguan kecemasan adalah sekelompok kondisi kesehatan mental umum dengan gejala utama berupa khawatir atau panik yang berlebihan. Gangguan ini juga dapat menyebabkan penyakit berulang seperti: kelelahan, ketegangan otot, jantung berdebar, gemetar, sesak nafas dan lain sebagainya. Dalam periode lama gangguan ini juga dapat menyebabkan komplikasi kesehatan fisik.

9. Gangguan imun tubuh

Gangguan imun tubuh dapat terjadi saat sistem kekebalan tidak melawan antigen penyebab penyakit. Beberapa orang mungkin memiliki sistem kekebalan yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya sehingga menjadi lebih mudah sakit. Kondisi ini bisa dikarenakan kondisi genetik, kekurangan gizi, atau bertambahnya usia.

10. Genetik

Kalau orang tua Anda gampang sakit, maka ada kemungkinan Anda mengalami hal yang sama. Pasalnya, salah satu penyebab gampang sakit adalah genetik atau faktor keturunan. Contoh penyakit keturunan yang bisa membuat daya tahan tubuh menurun salah satunya leukopenia atau kadar sel darah putih rendah.

Sakit-sakitan yang disebabkan oleh pola hidup tidak sehat dapat dicegah dan diatasi dengan menerapkan gaya hidup sehat, menjalani pola makan sehat dan seimbang, istirahat cukup, rutin berolahraga, tidak merokok, dan melengkapi imunisasi.

Jika terjadi sesekali, tubuh yang sakit-sakitan mungkin bukanlah disebabkan oleh hal yang berbahaya. Namun, jika tubuh sering sakit-sakitan hingga membuat Anda sering tidak masuk kerja atau sekolah, maka sebaiknya kondisi ini diperiksakan ke dokter karena bisa saja disebabkan oleh gangguan kesehatan tertentu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES