Gaya Hidup

Tidak Rumit, Begini Cara Membersihkan Kepiting yang Praktis

Rabu, 26 Januari 2022 - 08:50 | 108.42k
Cara Membersihkan Kepiting. (Foto: djawanews)
Cara Membersihkan Kepiting. (Foto: djawanews)

TIMESINDONESIA, JAKARTAKepiting salah satu sumber protein hewani dengan rasa yang nikmat. Sayangnya banyak orang enggan mengolah kepiting karena membersihkan hewan bercangkang itu dirasa terlalu rumit. 

Nyatanya membersihkan kepiting tidaklah sulit. TIMES Indonesia membagikan tips mudah membersihkan kepiting. 

Sebelum membersihkan kepiting, Anda harus memastikan kepiting yang dibeli masih segar alias masih hidup. Hal ini tentunya sangat mempengaruhi rasa kepiting itu sendiri. 

Karena masih hidup Anda harus berhati-hati. Untuk melumpuhkannya masukkan kepiting ke dalam freezer selama 15 menit. Dengan begitu kepiting tidak akan mencapit.

Selanjutnya ada 3 cara awal untuk membersihkan kepiting, blanching, rebus dan kukus. Teknik blancing yaitu kepiting di air mendidih selama 60 detik. Segera masukkan es batu agar kepiting tidak cepat matang. 

Bila Anda memilih untul merebusnya, pastikan untuk tidak lebih dari 10 menit, agar nutrisinya tidak hilang. Saat merebus, dapat ditambahkan bawang putih, jahe dan garam agar bau amisnya hilang. Sedangkan cara dikukus cukup 10 menit saja. 

Nah, jika kepiting sudah lumpuh, Anda dapat membersihkannya. Pertama buka cangkangnya, Tarik bagian punggung kepiting, lalu buang insang dan isi perut kepiting. 

Saat menarik cangkang, akan terlihat lemak kepitingatau crab butter. Jangan dibuang, lemak ini dapat diolang menjadi sup maupun saus kepiting. 

Bersihkan semua bagian kepiting di bawah air mengalir. Gunakan sikat untuk membersihkan bagian yang sulit terjangkau seperti lipatan capit. 

Bilas sekali lagi pada air mengalir, dan Kepiting siap diolah. Kalaupun Anda ingin menyimpannya, letakkan di wadah kedap udara ya,dan segera masukkan dalam freezer. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES