Indonesia Positif

SMA DU 1 Gelar Pelatihan Penguatan Literasi Membaca dan Numerasi dengan UM

Selasa, 25 Januari 2022 - 16:00 | 72.41k
SMA Darul Ulum 1 Unggulan BPP-Teknologi Peterongan Jombang (SMA DU 1) melaksanakan Pelatihan Penguatan Literasi Membaca dan Numerasi dengan UM.
SMA Darul Ulum 1 Unggulan BPP-Teknologi Peterongan Jombang (SMA DU 1) melaksanakan Pelatihan Penguatan Literasi Membaca dan Numerasi dengan UM.

TIMESINDONESIA, JOMBANGSMA Darul Ulum 1 Unggulan BPP-Teknologi Peterongan Jombang (SMA DU 1) melaksanakan Pelatihan Penguatan Literasi Membaca & Numerasi dengan menggandeng Universitas Negeri Malang (UM).

Kepala SMA DU 1 Muhammad Yusuf, S.Ag., M.Pd., mengatakan, bahwa kegiatan Pelatihan Penguatan Literasi Membaca & Numerasi dilakukan selama empat hari, dari hari Selasa hingga Kamis (4-6/1) berlanjut Sabtu (8/1) bertujuan untuk meningkatkan kualitas guru dalam meningkatkan keterampilan siswa pada aspek Literasi Membaca dan Numerasi disemua mata pelajaran baik umum ataupun keagamaan.

literasi.jpg

Universitas Negeri Malang dipilih, karena Universitas yang menampilkan identitas diri sebagai Learning University dan memiliki segudang prestasi yang telah diakui dunia ini sangatlah tepat untuk melatih para guru SMADU1 menerapkan Literasi Membaca dan Numerasi ke dalam proses pembelajaran sehari-hari agar kualitas intelektual siswa semakin unggul.

“Kegiatan Pelatihan Penguatan Literasi Membaca & Numerasi yang diadakan SMA DU1, rencananya menjadi agenda tahunan. Kali ini diikuti oleh seluruh guru yang berjumlah 106, beserta 20 Panitia dan staf Tata Usaha,” tambahnya.

penyerahan cindera mata

Di hari pertama, kegiatan pelatihan ini dibuka oleh KH. Ahmad Tamim Romly, S.H., M.Si. selaku Majelis Pimpinan Pondok Pesantren Darul Ulum dan Ketua Komite SMA DU1. Dalam sambutannya menyampaikan Sabda Rasulullah SAW: "Ajarilah anak-anakmu sesuai dengan zamannya, karena mereka hidup di zaman mereka bukan pada zamanmu. Sesungguhnya mereka diciptakan untuk zamannya, sedangkan kalian diciptakan untuk zaman kalian".

Karena itu, semua guru dan orang tua SMA DU 1 harus terus mengembangkan pengetahuannya dan mengajarkan anak- anak sesuai dengan kepentingan masa yang akan datang, bukan masa kini apalagi masa lalu. Di Pondok Pesantren Darul Ulum sebagai gudangnya ilmu dan sumber ilmu pengetahuan.

Peserta

SMA DU 1 sebagai merupakan tempat menimba ilmu yang relevan dalam bekerja sama dengan Universitas terbaik di Indonesia seperti Universitas Negeri Malang ini. "Semoga ilmu kita semakin manfaat & barokah. Aamiin YRA. Sesuai janji Allah SWT yang akan meninggikan derajat kepada orang- orang yang berilmu pengetahuan dan sumber kebahagian dunia dan akhirat adalah dengan ilmu pengetahuan," jelasnya.

Pemaparan AKM literasi membaca dan numerasi oleh Prof. Dr. Abdur Rahman As'ari, M.A., Prof. Dr. Endah Tri Priyatni, M.Pd. dan Syaiful Hamzah Nasution, S.Si., S.Pd., M.Pd. Selama dua hari berikutnya para guru dibagi atas kelompok literasi membaca dan numerasi sesuai dengan mapel yang diampu. Kedua kelompok tersebut masing-masing dilatih oleh profesor serta doktor ahli di bidang metode pengajaran.

Kegiatan pamungkas setelah 4 hari mengikuti pelatihan ini adalah guru membuat dan memvideokan hasil RPP Literasi Membaca - Numerasi dalam kegiatan real teaching di kelas sesuai dengan mata pelajaran yang diampu, kemudian direkam dan diupload di youtube SMA DU 1: https://www.youtube.com/channel/UCNodHIqdPyOlY2mOpJsi9bQ/videos.

tim

Pada pelatihan hari terakhir guru peserta pelatihan mempresentasikan apa yang sudah dipraktikan kemudian diberi feedback/ umpan balik oleh narasumber dari UM. Dengan selesainya kegiatan Pelatihan Penguatan Literasi Membaca dan Numerasi ini.

Kepala sekolah berharap para guru mendapat pengetahuan dan keterampilan tentang metode pembelajaran. “Kegiatan Pelatihan Penguatan Literasi Membaca & Numerasi ini tidak boleh berhenti, namun harus ada follow up atau tindak lanjut. Kita telah merencanakan adanya lomba-lomba literasi dan juga pematangan kemampuan numerasi untuk siswa-siswa SMA DU 1, hal ini untuk menunjang agar mereka lebih siap mengikuti AKM nantinya,” kata Kepsek. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES