Kesehatan

Inilah 7 Menu Sarapan Terbaik untuk Penderita GERD

Selasa, 25 Januari 2022 - 12:08 | 134.35k
Oatmeal adalah salah satu sarapan terbaik untuk penderita GERD. (foto: Pinterest)
Oatmeal adalah salah satu sarapan terbaik untuk penderita GERD. (foto: Pinterest)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bagi penderita gastroesophageal reflux disease (GERD) atau lebih dikenal dengan penyakit asam lambung harus selalu waspada dengan pilihan makanan, tidak terkecuali untuk menu sarapan.

Hal tersebut dipengaruhi oleh kandungan makanan atau minuman yang dapat memicu kambuhnya asam lambung. 

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi kambuhnya asam lambung, mulai dari mengubah gaya hidup sehat hingga pemilihan makanan dan minuman yang baik bagi lambung.

Berikut beberapa rekomendasi menu sarapan yang baik dan aman untuk penderita GERD. 

1. Oatmeal

Seringkali menu sarapan ini dikaitkan dengan menu sarapan pelaku diet. Nyatanya kandungan serat dalam oatmeal baik untuk sistem pencernaan. Salah satu kandungan oatmeal juga berperan dalam menyerap asam berlebih yang ada di lambung. 

2. Putih Telur

Bagi penderita GERD, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi putih telur dan menghindari bagian kuning telur yang memiliki kandungan lemak lebih tinggi serta berisiko memicu asam lambung. 

3. Ubi dan Kentang 

Ubi dan kentang merupakan salah satu jenis karbohidrat pengganti nasi yang mengandung serat. Cara penyajian yang dianjurkan, yakni dengan direbus atau dikukus. 

4. Buah-buahan 

Buah.jpgMacam-macam buah. (foto: Pinterest)

Tidak semua jenis buah dapat dikonsumi oleh seseorang yang memiliki asam lambung, karena mengandung tingkat keasaman tinggi. Namun, ada beberapa buah yang dapat dikonsumsi sebagai menu sarapan, yakni pisang, melon, semangka, dan pepaya. Keempat buah tersebut memiliki kadar keasaman rendah dan baik untuk pencernaan. 

5. Sayuran Hijau 

Janis sayuran hijau, seperti brokoli, bayam, dan sawi dapat menjadi pilihan menu sarapan. Kandungan lemak dan gula yang rendah dapat membantu mengurangi peningkatan kadar asam lambung. 

6. Dada Ayam

Dada ayam memiliki kandungan lemak yang rendah, sehingga baik dikonsumsi oleh seseorang yang memiliki asam lambung. Cara penyajian yang dianjurkan, yaitu dengan dipanggang atau steam. 

7. Susu Almond 

Susu-Almond.jpgSusu dari kacang almond. (foto: Pinterest)

Susu merupakan menu favorit saat sarapan. Seseorang yang memiliki masalah dengan asam lambung disarankan untuk mengonsumsi susu almond karena kandungan alkalinya yang dapat mentralkan kadar asam di lambung. 

Itulah beberapa pilihan menu sarapan yang baik untuk penderita GERD. Pada dasarnya seseorang yang menderita asam lambung diperbolehkan untuk mengonsumsi berbagai makanan dan minuman.

Namun, perlu diketahui makanan atau minuman yang baik untuk dikonsumsi, yakni memiliki kandungan rendah lemak yang tidak memicu peningkatkan kadar asam lambung. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES