Peristiwa Internasional

Dua Kelompok Kapal Induk AS Berlatih Tempur di Laut China Selatan

Selasa, 25 Januari 2022 - 07:03 | 77.63k
Kapal induk Angkatan Laut Amerika Serikat, USS Abraham Lincoln, (FOTO: Airspace Review/US Navy)
Kapal induk Angkatan Laut Amerika Serikat, USS Abraham Lincoln, (FOTO: Airspace Review/US Navy)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dua kelompok kapal induk Amerika Serikat telah memasuki Laut China Selatan yang disengketakan untuk  pelatihan di mana pada saat yang sama Taiwan melaporkan 39 pesawat China melakukan provokasi di Kepulauan Pratas.

Departemen Pertahanan Amerika Serikat mengatakan, Senin, ketika Taiwan melaporkan serangan baru angkatan udara China di puncak jalur air termasuk jet perang elektronik baru yang menakutkan.

Kapal-kapal Angkatan Laut Amerika Serikat seperti dilansir Reuters,  secara rutin lewat di dekat pulau-pulau yang diduduki China di Laut China Selatan untuk menantang klaim kedaulatan China, serta melalui Selat Taiwan, hingga membuat marah Beijing.

Kepulauan Pratas adalah pulau yang di kuasai Taiwan  di Utara Laut China Selatan.

Laut China Selatan dan Taiwan yang adalah dua masalah teritorial paling sensitif di China dan keduanya sering menjadi area ketegangan antara Amerika Serikat dan China.

Amerika Serikat mengatakan, dua Grup Serangan Kapal Induk Angkatan Lautnya yang dipimpin oleh kapal induk USS Carl Vinson dan USS Abraham Lincoln telah memulai operasi di Laut China Selatan sejak hari Minggu.

"Kelompok kapal induk ini akan melakukan latihan termasuk operasi perang anti-kapal selam, operasi perang udara dan operasi larangan maritim untuk memperkuat kesiapan tempur, katanya Departemen Pertahanan Amerika Serikat.

Departemen Pertahanan menambahkan, pelatihan itu akan dilakukan sesuai dengan hukum internasional di perairan internasional, namun tanpa memberi rincian.

"Operasi seperti ini memungkinkan kami untuk meningkatkan kemampuan tempur yang kredibel, meyakinkan sekutu dan mitra kami, dan menunjukkan tekad kami sebagai Angkatan Laut untuk memastikan stabilitas regional dan melawan pengaruh jahat," dikutip dari pernyataan Komandan Kelompok Serangan, Laksamana Muda JT Anderson di USS Abraham Lincoln.

Kedua kelompok kapal induk itu dilaporkan pada hari Minggu oleh Angkatan Laut Amerika Serikat telah berlatih dengan angkatan laut Jepang di Laut Filipina, sebuah wilayah yang mencakup perairan di sebelah timur Taiwan.

Operasi latihan dua kelompok kapal induk Amerika Serikat di perairan Internasional di Laut China Selatan bertepatan dengan Taiwan yang melaporkan ada erangan massal terbaru oleh angkatan udara China ke zona identifikasi pertahanan udara dimana 39 pesawat di daerah yang dekat dengan Kepulauan Pratas yang dikuasai Taiwan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES