Glutera News

9 Manfaat Foam Roller untuk Kesehatan dan Otot

Senin, 24 Januari 2022 - 13:54 | 195.33k
Image: Glutera for Times Indonesia
Image: Glutera for Times Indonesia

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Apa Anda pernah mencoba atau menggunakan salah satu alat olahraga bernama foam roller? Benda berwujud silinder dengan banyak gerigi di permukaannya tersebut sering muncul dalam sesi latihan para atlit international.

Foam roller adalah busa yang digunakan untuk pemijatan. Umumnya berbentuk silinder, tetapi bisa bervariasi bentuk, ukuran dan teksturnya. 

Ketika digunakan untuk pemijatan, foam roller membantu mengurangi area yang menegang dan nyeri (yang disebut dengan “trigger points” atau titik nyeri) dan mempercepat penyembuhan otot. Proses menggulingkan foam roller ke otot yang menegang disebut dengan myofascial release.

1. Mencegah Cedera dan Membantu Anda Sembuh dengan Cepat

Mempelajari poin pelepasan myofascial yang lebih baik dapat membantu Anda berlatih lebih keras dan terlihat lebih baik sambil juga mengurangi cedera.

Jika Anda masih berpikiran bahwa rol busa diperuntukkan bagi semua orang, maka Anda kehilangan salah satu alat paling efektif yang Anda inginkan untuk pembangunan fisik, pemulihan, dan pencegahan cedera. 

Rol adalah mekanisme paling populer untuk pelepasan myofascial sendiri, atau SMR, dan mendapatkan popularitas di antara atlet elit dari semua lapisan karena dampak drastis dan biasanya langsung terhadap kinerja mereka dan kesehatan secara keseluruhan. Berikut adalah beberapa aspek SMR yang paling sering dibicarakan karena berkaitan dengan pengangkat khusus. 

2. Memecah Jaringan Bekas Luka

Memecah jaringan parut dan adhesi antara kulit, otot dan tulang sangat penting untuk tubuh yang sehat.

Ketika Anda menggulung, Anda memberikan tekanan yang ditargetkan pada fascia Anda, melepaskan titik pemicu di mana Anda merasa sakit. Proses ini mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh shin splints dan IT band syndrome, keduanya sangat umum pada pelari, dan lebih umum, biasanya membersihkan masalah yang disebabkan oleh fasia dan otot yang kencang. 

3. Meningkatkan Mobilitas Dan Fleksibilitas

Jadi, Anda bisa duduk di bangku dengan menekan mobil dan mematikan truk, tetapi bisakah kamu membungkuk dan menyentuh jari-jari kaki atau memeluk lutut ke dada? 

Dengan begitu banyak informasi campuran tentang peregangan, statis, dinamis, pra-latihan, dan pasca-latihan, sulit untuk mengetahui cara terbaik untuk meredakan ketegangan otot. 

Tapi ada teknik sederhana yang akan membuat otot Anda tetap meluncur dan meluncur dengan mudah. Merawat fasia yang mendasarinya dengan tepat adalah senjata rahasia baru Anda untuk meningkatkan mobilitas, fleksibilitas, dan rentang gerakan. 

4. Menghilangkan Asam Laktat Untuk Membantu Pemulihan

Berikut ini adalah latihan menggulung busa kecil yang mudah yang dapat Anda lakukan sebelum atau setelah latihan utama Anda untuk membantu pemanasan dan meregangkan otot-otot kanan. 

Anda dapat melakukan setiap gerakan selama 60 detik hingga 90 detik sehari. Latihan ini singkat dan mudah dan membutuhkan waktu 15 menit atau kurang.

coll.jpg

5. Menghemat Uang Anda

Terlepas dari manfaat pijat kesehatan yang sangat banyak, kami tidak dapat memesan janji temu rutin di spa. Tetapi ada alat dasar (dan murah!) Yang diketahui oleh banyak pelari reguler dan atlet lain yang mungkin merupakan hal terbaik berikutnya. Jika Anda belum melakukannya, saatnya untuk terbiasa dengan roller busa.

6. Dapat Digunakan Sebagai Alat Latihan

Ah, roller busa sederhana. Anda mungkin meraih alat ringan untuk meredakan otot yang sakit setelah berolahraga, tetapi apakah Anda pernah berpikir untuk menggunakannya untuk latihan itu sendiri? Tidak berpikir begitu. 

Dalam video eksklusif Yahoo Health ini, pakar kebugaran Lauren Roxburgh mendemonstrasikan cara menggulung jalan Anda menjadi barang rampasan yang lebih ketat dalam tiga gerakan mudah.

7. Tidak Hanya Untuk Kebugaran 

Jika Anda bekerja di meja dan biasanya duduk dalam waktu lama di siang hari, Anda mungkin menderita lebih dari sekadar kasus menguap sore hari. Duduk bisa membuat Anda merasa lelah, perih, dan tidak termotivasi pada akhir hari yang panjang di kantor, tetapi itu bisa jauh lebih buruk. 

8. Meningkatkan kelenturan tubuh

Kelenturan tubuh diperlukan agar otot siap melakukan olahraga berat atau gerakan ekstrem. Berolahraga menggunakan foam roller merupakan cara yang paling mudah untuk melatih kelenturan tubuh. 

Anda hanya perlu menggunakan foam roller dengan posisi tidur atau duduk, tetapi otot-otot akan tetap terlatih. Melakukan olahraga menggunakan foam roller dapat dilakukan sebelum melakukan olahraga berat atau sebelum pertandingan.

9. Meningkatkan aliran darah

Selain dapat meningkatkan kelenturan otot, olahraga menggunakan foam roller juga dapat memperlancar aliran darah.

Olahraga ini akan membantu membuka bagian-bagian darah yang tertutup lemak, sehingga aliran darah menjadi semakin lancar. 

Aliran darah yang lancar menyebabkan aliran oksigen ke seluruh tubuh semakin baik, sehingga kesehatan tubuh akan terjaga. (*)

Be everlasting with glutera

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES