Ekonomi

DPR RI Siap Dukung Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi

Minggu, 23 Januari 2022 - 22:17 | 49.32k
Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar belajar membatik di Gazebo Giriloyo. (Foto : Totok Hidayat/TIMES Indonesia )
Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar belajar membatik di Gazebo Giriloyo. (Foto : Totok Hidayat/TIMES Indonesia )

TIMESINDONESIA, BANTUL – Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar memastikan pemerintah dan DPR akan mendukung pemulihan ekonomi pasca pandemi. Diantaranya melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Hal ini disampaikan di hadapan puluhan perajin batik di Gazebo Batik Giriloyo Wukirsari Imogiri Bantul Minggu (23/1/2022).

Menyusul mulai turunnya kasus Covid-19, pemerintah mulai mengalihkan fokus pada pemulihan ekonomi. Kebijakan ini dilakukan oleh seluruh bangsa di dunia dengan tujuan menghindari dampak krisis ekonomi akibat pandemi. 

"Setelah pertumbuhan ekonomi tersendat akibat pandemi, saatnya ekonomi bangkit," tegas tokoh yang akrab disapa Cak Imin ini. 

Pemerintah RI menetapkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif menjadi sektor pengungkit pertumbuhan ekonomi. Menyusul kedua sektor ini yang memiliki potensi cepat pulih dari dampak pandemi. Bahkan saat pandemi  kedua sektor ini dapat beradaptasi dengan kondisi. 

Contohnya  kerajinan batik yang tetap dapat bertahan di tengah pandemi. Melayani pasar lokal dengan produk yang disesuaikan dengan kebutuhan. Seperti produk masker batik yang pesanannya meningkat selama pandemi. 

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih dalam sambutannya memastikan, kunjungan wakil Ketua DPR RI ke Bantul sudah tepat. Mengingat predikat Bantul sebagai kabupaten Kriya Nasional. Predikat yang diberikan oleh Dekranas pada tahun 2017, menyusul beragamnya kerajinan yang dimiliki kabupaten Bantul. 

Berdasarkan data, 70 persen kerajinan DIY disumbang oleh kabupaten Bantul. Sehingga membangkitkan perekonomian DIY dapat dilakukan dari kabupaten Bantul. Karena pelaku industri kreatif banyak terdapat di Bantul seperti di Wukirsari yang terdapat 1.540 perajin batik. Selain kerajinan batik, Imogiri juga memiliki kerajinan keris dan wayang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES