Peristiwa Nasional

Kepala Otorita IKN Minimal Penuhi Lima Kriteria Ini

Minggu, 23 Januari 2022 - 11:56 | 49.15k
Ibu Kota Negara (IKN). (FOTO: Twitter)
Ibu Kota Negara (IKN). (FOTO: Twitter)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beberapa nama digadang calon kuat menjadi kepala otorita Ibu Kota Negara (Kepala Otorita IKN). Diantaranya, Bambang Brodjonegoro, Ridwan Kamil, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok,Tumiyana hingga Abdullah Azwar Anas.

Pengamat Komunikasi Politik Universitas Esa Unggul M. Jamiluddin Ritonga berpendapat, nama-nama tersebut tentu hanya sebagian kecil dari banyaknya anak bangsa yang layak menjadi kepala otorita IKN.

"Karena itu, lebih baik memunculkan kriteria ketua otorita IKN," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima TIMES Indonesia, Minggu (23/1/2022).

Menurutnya, ketua otorita IKN sebaiknya punya kapasitas selevel menteri. Karena itu, ada lima kriteria yang minimal dipenuhi kepala otorita IKN, yaitu profesionalitas dan good governance, kapasitas intelek yang mumpuni di bidang manajemen IKN, berintegritas dan bermoral, akuntabilitas, serta mampu mengambil kebijakan dengan cepat dan tepat.

Terkait kriteria kemampuan bidang arsitektur tidak urgen mengingat kapasitas tersebut hanya diperlukan saat pembangunan IKN.

"Keahlian di bidang tersebut bersifat sementara, sehingga kepala otorita IKN cukup didampingi konsultan yang mumpuni di bidang arsitektur," jelasnya.

Selain itu, lanjut dia, sosok yang pernah dipidana sebaiknya tidak layak menjadi ketua otorita IKN. Sebab, sosok seperti ini tak memenuhi akuntabilitas sehingga rentan kontroversial.

Jadi menurut dia, meskipun penentuan ketua otorita IKN hak prerogatif Presiden, namun sebaiknya dipilih yang memiliki kapasitas menteri yang memenuhi minimal lima kriteria.

"Dengan begitu, kepala otorita dapat mengelola IKN dengan optimal dan tanpa menimbulkan kontroversial," ujarnya soal calon kuat menjadi kepala otorita IKN. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES