Ekonomi

Unik! Ada Jasa Salon Sapi di Pasar Hewan Blora

Minggu, 23 Januari 2022 - 11:33 | 78.19k
Para ahli kecantikan sapi saat memoles tanduk sapi di Pasar Hewan Blora, Jawa Tengah. Salon sapi hadir sejak lama di area pasar hewan di Blora. (FOTO: Firmansyah/TIMES Indonesia)
Para ahli kecantikan sapi saat memoles tanduk sapi di Pasar Hewan Blora, Jawa Tengah. Salon sapi hadir sejak lama di area pasar hewan di Blora. (FOTO: Firmansyah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BLORA – Rampil memikat ternyata tidak hanya didominasi oleh manusia. Namun hal tersebut juga dibutuhkan bagi hewan sapi agar memiliki nilai jual yang tinggi. Untuk mendapatkan penampilan tersebut, ada salon sapi di Pasar Pon Kabupaten Blora, Jawa Tengah. 

Supran salah satu blantik sapi asal kecamatan Ngawen, mengaku sering membawa sapi miliknya ke tukang Salon Sapi di Pasar Pon Blora.

"Tanduk yang kasar, dihaluskan pakai amplas dan lengkung ya kurang menarik di sisir pakai pisau agar menghasilkan lengkung tanduk yang keren," terangnya, Sabtu (22/1/2022). 

Salon-sapi-hadir-sejak-lama-2.jpg

Blantik Sapi yang sudah berkecimpung 10 tahun ini mengaku bahwa usai dipermak di salon, harga jual sapi memiliki nilai tambah karena tampilannya menjadi lebih keren.

"Disalonkan agar Sapi tampak cantik dan gagah. Tujuannya sih agar harga Sapi Naik. Bisa selisih 500 Ribuan antara yang sudah di Salon dengan yang belum," bebernya. 

Sementara itu, di tengah kesibukan memoles penampilan sapi menggunakan pisau dan palu, Hardjo Kardjono (58) menyatakan sudah berkecimpung sebagai tukang salon sapi selama 16 tahun. Dirinya menekuni profesi ini bersama putranya Bagus Kuncoro (25). 

"Hari ini ada 20 sapi yang sudah tak poles. Tarifnya per ekor Rp30 Ribu," jelas warga asal Kelurahan Tegalgunung, Blora tersebut. 

Diketahui bahwa Kabupaten Blora adalah produsen sapi potong terbesar di Jawa Tengah, 2019 ada sekitar 240 ribuan ekor sapi di Blora dan nomor dua terbanyak di Indonesia setelah Sumenep, Madura. (*)

 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES